Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Operasional Lancar, Pelindo I Terapkan Standar Tinggi di Pelabuhan Belawan

Digitalisasi yang dilakukan Pelindo 1 sangat membantu operasional kepelabuhanan sehingga interaksi antara petugas dan pengguna jasa baik di kantor maupun di lapangan sudah sangat berkurang.
ilustrasi - Petugas memandu penurunan peti kemas di Pelabuhan Belawan
ilustrasi - Petugas memandu penurunan peti kemas di Pelabuhan Belawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menjanjikan pelayanan kepada pelanggan tidak terganggu di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama Pelindo 1 Dian Rachmawan mengatakan selain kerja dari rumah, perusahaan juga membagikan vitamin C dosis tinggi bagi para petugas operasional di area Terminal Curah Cair Pelabuhan Belawan.

“Dalam pelayanan operasional, petugas diwajibkan menggunakan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan, kaca mata, dan menerapkan social distancing dengan menjaga jarak antar individu yang berada di ruang publik,” ujar Dian dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Saat ini, Pelindo telah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan pekerjaan sesuai target, berkoordinasi, dan melakukan tugas lainnya dari tempat tinggal pegawai.

Kebijakan WFH khususnya diberlakukan bagi pegawai administrasi atau non operasional menggunakan skema bergantian atau parsial. Pengaturan waktu diatur oleh masing-masing kepala divisi atau cabang agar mendukung kinerja perusahaan. Untuk petugas operasional bekerja dengan sistem shift sehingga operasional pelabuhan tetap berjalan dengan baik 24/7.

Dian menjelaskan digitalisasi yang telah dilakukan di Pelindo 1 sangat membantu operasional kepelabuhanan sehingga interaksi antara petugas dan pengguna jasa baik di kantor maupun di lapangan sudah sangat berkurang.

Menurutnya, pada situasi seperti saat ini, direksi menginstruksikan seluruh pegawai Pelindo 1 untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri baik fisik maupun mental dan tidak menyepelekan pandemik ini, sehingga keluarga dan lingkungan kerja bisa sehat dan aman.

“Kami akan memastikan bahwa pelayanan operasional di pelabuhan serta arus barang dan logistik tetap berjalan lancar di tengah situasi pandemik seperti ini. Dengan kewaspadaan yang tinggi, Pelindo 1 tetap mengedepankan pelayanan karena pelabuhan menjadi bagian mata rantai perekonomian nasional,” papar Dian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper