Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPJT Siapkan Rekomendasi Terkait Mudik Lebaran 2020

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah berkoordinasi dengan kementerian terkait lainnya untuk menyiapkan rekomendasi terkait arus mudik Lebaran 2020.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  10:55 WIB
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol mengungkapkan telah menyiapkan beberapa rekomendasi terkait Mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan rapat koordinasi telah dilakukan sebanyak dua kali oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait mudik Lebaran 2020 termasuk persiapan rest area dan pembangunan jalan tol.

"Pak Menko Marinvest [Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi] sudah dua kali mengadakan rapat koordinasi tentang hal ini. Kami sudah memberikan rekomendasi kebijakan dalam empat skenario mulai dari business as usual hingga skenario pelarangan mudik dan berkumpul dalam jumlah banyak di rest area," kata Danang kepada Bisnis, Selasa (24/3/2020).

Mengenai kepastian langkah yang akan dilakukan BPJT, Danang menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari pimpinan dalam hal ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Kita tunggu keputusan pimpinan. Setelah ada keputusan, maka kita akan buat mitigasinya," ujarnya.

Sebelumnya, pada Februari 2020, Danang mengungkapkan bahwa ada 10 ruas jalan tol yang direncanakan akan siap dioperasikan atau difungsionalkan pada Lebaran 2020. Sejumlah ruas yang dimaksud antara lain adalah ruas Manado - Bitung, Kayu Agung - Palembang - Betung, Pekanbaru - Dumai, dan beberapa ruas tol lainnya.

Adapun, untuk rest area, Danang menjelaskan terdapat beberapa titik yang akan dioperasikan atau fungsional pada Lebaran 2020 yang dikelompokkan ke dalam tiga tipe yaitu Tipe A sebanyak 69 lokasi, Tipe B sebanyak 30 lokasi, sedangkan Tipe C sebanyak 20 lokasi.

Rest Area tersebut tersebar di beberapa wilayah ruas tol di berbagai daerah seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt Mudik Lebaran Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top