Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kartu Prakerja Resmi Dirilis, Berikut Ini Penjelasan Soal Pendaftaran

Masyarakat baru bisa mendaftar kartu prakerja pada April 2020 dan sepanjang dua pekan pemerintah bakal mensosialisasikan Program Kartu Prakerja kepada masyarakat.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  10:10 WIB
Karyawati perusahaan penyedia lowongan kerja memberi informasi kepada calon pencari kerja pada Bursa Kerja 2017 di Denpasar, Selasa (13/6). - Antara/Nyoman Budhiana
Karyawati perusahaan penyedia lowongan kerja memberi informasi kepada calon pencari kerja pada Bursa Kerja 2017 di Denpasar, Selasa (13/6). - Antara/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah resmi meluncurkan Program Kartu Prakerja pada hari ini, Jumat (20/3/2020), guna meningkatkan kemampuan dan keahlian angkatan kerja di Tanah Air.

Program ini resmi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dua pekan setelah peluncuran. Artinya, masyarakat baru bisa mendaftar pada April 2020 dan sepanjang dua pekan pemerintah bakal mensosialisasikan Program Kartu Prakerja kepada masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto program ini bakal difokuskan kepada angkatan kerja yang berumur 18-24 tahun.

Airlangga mengungkapkan bahwa saat ini terdapat sekitar 7 juta angkatan kerja Indonesia yang menganggur, 3,4 juta diantaranya berusia 18-24 tahun. Kelompok pengangguran muda ini 64% tinggal di perkotaan dan 78% dianntaranya berpendidikan SMA atau ke atas.

"90% dari mereka tidak pernah mengikuti pelatihan bersertifikasi, dengan bantuan pemerintah diharap mereka bisa lebih kompeten," ujar Airlangga, Jumat (20/3/2020).

Airlangga mengatakan melalui Program Kartu Prakerja pemerintah memberikan bantuan biaya pelatihan hingga Rp7 juta per peserta untuk sekali pelatihan seumur hidup. Pada tahap awal, pelatihan yang diberikan secara offline bakal terletak di empat provinsi yakni Kepulauan Riau, Bali, Sulawesi Utara, dan Jawa Timur.

Khusus untuk pelatihan secara offline ini, pemerintah untuk sementera akan membatasi jumlah peserta pelatihan maksimal 20 orang per kelasnya akibat Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelatihan angkatan kerja kartu prakerja
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top