Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apindo Dukung Penurunan Bunga Kredit UMKM

Apindo menilai bunga kredit sebaiknya dibuat sekompetitif dan terjangkau bagi pelaku usaha sesuai skala usahanya untuk menciptakan kegiatan ekonomi yang tinggi.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  19:52 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Shinta Widjaja Kamdani memberikan penjelasan mengenai outlook Apindo 2019, di Jakarta, Rabu (5/12/2018). - JIBI/Dedi Gunawan
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Shinta Widjaja Kamdani memberikan penjelasan mengenai outlook Apindo 2019, di Jakarta, Rabu (5/12/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendukung langkah pemerintah, melalui Kementerian BUMN, yang meminta bank-bank pelat merah untuk memangkas suku bunga kredit bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Wakil Ketua Apindo Shinta Kamdani mengatakan pinjaman UMKM  memiliki kualitas collateral paling rendah dan financial record yang biasanya kurang baik, sehingga risiko pinjaman yang ditanggung pihak bank dikonversi dalam bentuk bunga pinjaman tinggi.

“Karena itu juga, UMKM sulit mendapatkan modal usaha yang mereka butuhkan untuk mengembangkan usaha atau bahkan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas perusahaan pada saat sulit seperti sekarang,” kata Shinta, Jumat (20/3/2020).

Dia sangat berharap kebijakan penurunan suku bunga pinjaman kredit usaha untuk UMKM bisa segera dilakukan dan efektif didistribusikan. Menurutnya, bunga pinjaman usaha memang sebaiknya dibuat sekompetitif dan terjangkau bagi pelaku usaha sesuai skala usahanya untuk menciptakan kegiatan ekonomi yang tinggi.

“Ini sangat dibutuhkan, khususnya pada saat-saat ini. Semakin lama kita dalam kondisi wabah, kelangsungan usaha UMKM akan semakin terancam karena mereka yang kemampuan pemodalannya paling lemah bila tidak ada pinjaman modal usaha baru.”

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah akan mendorong bank-bank pelat merah untuk segera menurunkan suku bunga kredit untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM).

“Kami ingin BUMN segera turunkan suku bunga UKM, karena banyak yang terdampak,” ujarnya lewat konferensi jarak jauh, Jumat (20/3/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm apindo kredit umkm
Editor : Annisa Sulistyo Rini
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top