Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Corona Bikin Penumpang Perusahaan Pelayaran Turun 40 Persen

Perseroan telah menerapkan social distancing dan memastikan kebersihan layanan kepada penumpang guna pencegahan virus Corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  13:40 WIB
Petugas PT Dharma Lautan Utama (DLU) menyemprotkan cairan anti septik kepada penumpang saat naik ke atas kapal. - ANTARA/Firman
Petugas PT Dharma Lautan Utama (DLU) menyemprotkan cairan anti septik kepada penumpang saat naik ke atas kapal. - ANTARA/Firman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Dharma Lautan Utama, perusahaan pelayaran nasional, mengaku salah satu rutenya mengalami penurunan jumlah penumpang hingga 40 persen selama wabah virus Corona (Covid-19) terjadi di Indonesia.

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi mengakui virus asal Wuhan China tersebut turut memukul sektor angkutan laut. Layanan DLU rute Banjarmasin ke Surabaya dan sebaliknya, terjadi penurunan penumpang hingga 40 persen dibanding kondisi normal.

"Kalau angkutan barang normalnya 35 sampai 40 unit, sekarang hanya berkisar 20 sampai 25 unit. Begitu juga untuk penumpang jika normalnya 200 orang, saat ini hanya kisaran 50 penumpang," kata Anton, Kamis (19/3/2020).

Kendati demikian, perseroan telah menerapkan social distancing dan memastikan kebersihan layanan kepada penumpang guna pencegahan virus Corona.

Anton mengatakan selama perjalanan di atas kapal, penumpang diatur agar menjaga jarak dari satu orang ke lainnya. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya penularan wabah corona.

Di sisi lain, imbuhnya, kru kapal senantiasa memberikan edukasi agar penumpang dapat menjaga kebersihan. Tiap sudut di atas kapal juga telah disediakan cairan antiseptik pembersih tangan.

"Sejak di area terminal pelabuhan, penumpang dicek kesehatannya hingga mau naik ke atas kapal diharuskan membersihkan tangan dengan hand sanitizer," ujarnya.

Dia menambahkan upaya tersebut dilakukan agar penumpang bisa setiap saat membersihkan tangan agar steril, misalnya saat hendak ingin makan dan melakukan aktivitas lainnya.

Kemudian selanjutnya, kata Anton, seluruh armada kapal yang dimiliki DLU dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan, sehingga pertumbuhan bakteri termasuk virus corona yang kini merebak tidak terjadi.

Jadi sebelum kapal berangkat, DLU akan melakukan sterilisasi kapal terlebih dahulu ketika sandar di dermaga. Penumpang diimbau untuk tidak ragu menggunakan layanan dari DLU karena telah dijamin kebersihan dan kenyamanannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top