Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPPSPAM Dampingi 14 PDAM yang Terapkan Aplikasi Manajemen Aset

Tahun ini, BPPSPAM akan memberikan pendampingan dan pengembangan kapasitas kepada 14 PDAM yang telah menerapkan aplikasi manajemen aset.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  21:43 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum akan memberikan pendampingan dan pengembangan kapasitas kepada 14 Badan Usaha Milik Daerah air minum yang telah menerapkan aplikasi manajemen aset.

Kepala Sekretariat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Andreas Wibowo mengatakan bahwa penerapan aplikasi manajemen aset akan memudahkan BUMD Air Minum atau Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

Lebih lanjut, dia pun menyampaikan bahwa BPPSPAM berkomitmen akan mendampingi 14 PDAM yang telah menerapkan aplikasi tersebut.

"Saya harap BUMD air minum yang mendapat fasilitasi ini terus menjaga komitmennya untuk menerapkan aplikasi manajemen aset ini," ujar Andreas seperti dikutip dalam penyataan resmi, Senin (16/3/2020).

Andreas mengungkapkan beberapa BUMD air minum yang mendapatkan fasilitasi tersebut adalah PDAM Kabupaten Flores Timur, PDAM Lombok Tengah, PDAM Kota Bekasi, PDAM Kota Bengkulu, PDAM Kabupaten Fak-Fak, dan PDAM Kabupaten Tapin.

Aplikasi manajemen aset merupakan sistem informasi yang dikembangkan BPPSPAM sejak 2015. Aplikasi ini dapat memudahkan PDAM mencatat, mengelola, dan menerapkan manajemen aset.

Aplikasi ini pun dapat diimplementasikan ke seluruh PDAM baik yang memiliki kinerja Sehat, Kurang Sehat maupun yang Sakit. Syaratnya, harus ada komitmen dari direksi dan jajarannya dan dukungan sarana-prasarana, serta sumber daya manusia di bidang teknologi dan informasi di PDAM tersebut.

Diketahui, sejak 2018 BPPSPAM telah memfasilitasi penerapan aplikasi Manajemen Aset di 33 PDAM. Diharapkan jumlah PDAM yang difasilitasi dapat terus bertambah sehingga dapat mempercepat peningkatkan kinerja PDAM dalam memberikan pelayanan air minum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum pdam sistem penyediaan air minum (spam) bppspam
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top