Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PDAM Penajam Paser Utara Raih Pendanaan Rp75 Miliar

PDAM Danum Taka di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mendapatkan suntikan dana Rp75 miliar untuk peningkatan layanan air bersih.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Februari 2020  |  15:32 WIB
PDAM - Ilustrasi
PDAM - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan Daerah Air Minum Danum Taka di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mendapatkan suntikan dana sekitar Rp75 miliar yang disalurkan dalam jangka waktu lima tahun.

Diharapkan dengan adanya suntikan dana sebesar Rp75 miliar akan dapat meningkatkan layanan air bersih di daerah tersebut.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara Hartono Basuki menyatakan legislatif dan eksekutif terus mendukung agar PDAM Danum Taka dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Salah satu bentuk dukungan tersebut ialah dengan memberikan penyertaan modal yang diajukan PDAM Danum Taka sekitar Rp75 miliar untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

"Kabupaten Penajam Paser Utara adalah daerah otonom baru dan infrastrukturnya masih banyak tertinggal, termasuk penyediaan air bersih," ujar Hartono Basuki, Jumat (28/2/2020).

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa penyertaan modal yang diberikan kepada PDAM Danum Taka itu akan digunakan untuk perbaikan layanan PDAM.

Hartono menjelaskan saat ini masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara yang terlayani air bersih PDAM Danum Taka baru sekitar 29 persen, sehingga perlu dilakukan pengembangan pipa jaringan air bersih di setiap kecamatan.

Pengembangan jaringan pipa layanan air bersih, imbuhnya, harus dilakukan oleh instansi terkait karena penyediaan air bersih merupakan tanggung jawab pemerintah.

"Harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan air bersih, kami harapkan lima tahun ke depan PDAM Danum Taka mampu melayani sekitar 80 persen masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara," ujarnya.

Hartono mengungkapkan PDAM Danun Taka juga mengusulkan kenaikan tarif dasar air bersih pada tahun ini, seiring kenaikan tarif tersebut pelayanan kepada masyarakat juga harus ditingkatkan.

"Rencana PDAM Danum Taka memberlakukan kenaikan tarif dasar air bersih itu pada April 2020, dan harus dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan,” ungkapnya.

Selain meningkatkan kualitas air bersih, Hartono juga mendorong agar PDAM Danum Taka bisa memperluas layanan air bersih di wilayah Benuo Taka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdam kalimantan timur air bersih

Sumber : Antara

Editor : Fitri Sartina Dewi
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top