Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPPSPAM Terus Dorong Upaya Penyehatan PDAM

BPPSPAM menyatakan bahwa target 100 persen akses layanan air minum bisa diwujudkan jika ada lebih banyak PDAM yang masuk kategori sehat.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Februari 2020  |  21:03 WIB
PDAM Kota Makassar  mengestimasi kehilangan potensi pendapatan  Rp180 juta akibat kerusakan  fasilitas sumber air baku -  perusahaan.Istimewa
PDAM Kota Makassar mengestimasi kehilangan potensi pendapatan Rp180 juta akibat kerusakan fasilitas sumber air baku - perusahaan.Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum  terus mendorong upaya penyehatan Perusahaan Daerah Air Minum untuk mewujudkan target layanan 100 persen akses layanan air minum.

Kepala Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Bambang Sudiatmo menyatakan bahwa target tersebut bisa diwujudkan jika kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau BUMD Air Minum terus meningkat atau masuk dalam kategori Sehat.

Bambang menyatakan BUMD air minum yang masuk dalam kategori Sehat adalah yang memiliki angka penilaian diatas 2,8 berdasarkan penilaian 4 aspek kinerja yang dibuat oleh BPPSPAM yaitu aspek keuangan, aspek operasional, aspek pelayanan dan aspek sumber daya manusia.

"BUMD bisa dikategorikan Sehat apabila memiliki kinerja keuangan, operasional, dan pelayanan yang bagus serta didukung oleh SDM yang kompeten," katanya seperto dikutip dari akun resmi Instagram @bppspam, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, salah satu contoh BUMD air minum yang mencapai kinerja sehat adalah BUMD Air Minum Kabupaten Tangerang yang lebih dikenal dengan nama Perumda Tirta Kerta Raharja.

Secara umum, untuk mencapai kinerja Sehat, dia mengungkapkan bahwa BUMD Air Minum atau PDAM harus melakukan berbagai upaya antara lain membuat rencana bisnis, menurunkan tingkat kebocoran air, menerapkan smart water management, dan penerapan layanan Zona Air Minum Prima (Zamp).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdam bppspam pelayanan air minum
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top