Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Marga 'Pede' Kembangkan FLO

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. tetap percaya diri dalam menggunakan teknologi FLO dengan basis radio frequency identification (RFID) sebagai sistem pembayaran non-tunai nirsentuh satu jalur (Single Lane Free Flow/SLFF) di beberapa ruas tolnya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  16:08 WIB
Antrean kendaraan di gerbang tol Cilandak Utama sebelum memasuki tol Depok-Antasari seksi I di Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Antrean kendaraan di gerbang tol Cilandak Utama sebelum memasuki tol Depok-Antasari seksi I di Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. percaya diri menggunakan sistem pembayaran tol (FLO) dengan basis radio frequency identification (RFID) berupa pembayaran non-tunai nirsentuh satu jalur (single lane free flow/SLFF) di beberapa ruas tolnya.

Di sisi lain, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja melakukan market sounding sejumlah proyek, di mana salah satunya adalah sistem pembayaran non-tunai nirsentuh jalur jamak (multi lane free flow/MLFF) berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) atau satelit.

Corporate Communications Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan bahwa perluasan uji coba terbatas FLO beberapa waktu lalu di Tol Bali Mandara menjadi bukti keseriusan Jasa Marga dalam mengembangkan teknologi ini.

"FLO bukan sekadar konsep lho, tapi sudah diujicobakan. Kami sudah kerja sama dengan banyak pihak, mulai dari BUMN hingga perusahaan swasta seperti Blue Bird," katanya di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Terkait tender MLFF yang dilakukan pemerintah, Jasa Marga menyerahkan semuanya kepada pemerintah sistem dan teknologi apa yang akan digunakan ke depannya.

Namun, dia memastikan hingga saat ini emiten berkode saham JSMR ini akan tetap fokus pada pengembangan FLO.

"Jasa Marga harus memulai, apalagi kami punya kompetensi dalam pengoperasian jalan tol. Kami memulainya dengan teknologi RFID sambil terus jalan dan lihat arah kebijakan pemerintah," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga gerbang tol
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top