Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kutai Kartanegara Teraliri Jargas

Kementerian ESDM menggunakan APBN 2019 membangun 5.000 Sambungan Rumah tangga (SR) yang tersebar di Desa Badak Baru, Tanjung Limau, Gas Alam, Muara Badak Ilir dan Muara Badak Ulu. 
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  10:47 WIB
Petugas PGN memeriksa jaringan gas untuk rumah tangga di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/3/2019). - ANTARA/M Agung Rajasa
Petugas PGN memeriksa jaringan gas untuk rumah tangga di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/3/2019). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Jaringan gas kota telah dialirkan untuk sejumlah wilayah di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pemanfaatan jaringan gas (jargas) kota tersebut ditandai dengan sosialisasi penerima manfaat di kantor Desa Gas Alam, Kutai Kartanegara. Dalam sosialisasi tersebut, masyarakat penerima manfaat diberikan penjelasan terkait dengan cara memanfaatkan jaringan gas kota secara aman serta prosedur pembayaran tagihan tiap bulannya.

“Salah satu keuntungan jargas adalah pelanggan kini dapat memperoleh gas 24 jam,” ujar President Director Pertagas Niaga, Linda Sunarti dalam keterangan pers, Selasa (10/3/2020).

Jargas merupakan program yang digagas Ditjen Migas, Kementerian ESDM guna mengurangi subsidi BBM dan LPG dengan cara memanfaatkan gas alam sebagai sumber energi untuk dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Kementerian ESDM melalui APBN 2019 membangun 5.000 Sambungan Rumah tangga (SR) yang tersebar di Desa Badak Baru, Tanjung Limau, Gas Alam, Muara Badak Ilir dan Muara Badak Ulu. 

Adapun pasokan gas diperoleh dari sumur PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga dengan alokasi volume 0,2 Million Standard Cubic Feet Per Day (MMSCFD). Kabupaten Kutai Kartanegara adalah wilayah kelima di Provinsi Kalimantan Timur yang menerima manfaat jaringan gas kota.

Adapun kota sebelumnya adalah Bontang, Balikpapan, Samarinda dan Penajam Paser Utara telah lebih dahulu merasakan manfaat jargas yang dioperasikan oleh Pertagas Niaga.

“Dengan telah beroperasinya jargas di Kukar, pelanggan diminta bisa menjaga infastruktur jargas yang ada di lingkungannya,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian esdm pertagas jaringan pipa gas
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top