Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Singkawang Berharap Bandaranya Segera Dibangun

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mi mengatakan APBD kotanya hanya berkisar Rp922 miliar tidak sampai Rp1 triliun
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 09 Maret 2020  |  18:20 WIB
Ilustrasi - Pembangunan Bandara Singkawang, Kalbar. - Bisnis/Antara
Ilustrasi - Pembangunan Bandara Singkawang, Kalbar. - Bisnis/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang mengharapkan pembangunan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat dimulai pada 2021 dengan pemenang lelang proyek diumumkan pada akhir 2020.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mi mengatakan APBD kotanya hanya berkisar Rp922 miliar tidak sampai Rp1 triliun. Artinya, dibutuhkan pembiayaan lain yang tidak memanfaatkan APBD yang jumlahnya tidak banyak tersebut.

Dia mengatakan rencana pembangunan bandara sudah dicanangkan sejak Walikota Singkawang pertama, sebagai walikota keempat dia mengharapkan bandara tersebut dapat segera terrealisasi.

"Target kami sampai paling lambat akhir 2020 sudah ada pemenang lelangnya, pada 2021 sudah mulai konstruksi dan masa jabatan 2022 berakhir sehingga pembangunan sudah dimulai pada masa jabatan saya," terangnya, Senin (9/3/2020).

Menurutnya, Singkawang membutuhkan banyak infrastruktur seperti Jembatan, jalan dan sebagainya. Namun, bandara dinilainya menjadi salah satu yang urgen, pihaknya, sudah menyiapkan lahan 151,45 hektare.

Saat ini jelasnya, proses penyelesaiannya sudah selesai proses land clearing atau pembebasan lahan dan sudah menyerahkan berkas ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kami menggunakan sistem KPBU solicited sangat baru, kalau tidak kami perjuangkan suit maju, APBN pusat tentu bertahap untuk kami pembangunan melalui anggaran butuh waktu lama bisa 10—20 tahun," tuturnya.

Dia mengakui sudah banyak investor yang tertarik menggarap pembangunan Bandara Singkawang tersebut, diantaranya Jepang, Malaysia, Singapura, China dan investor lokal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singkawang bandara
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top