Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasokan Gas Dari Blok A Terhenti, Konsumen Dilayani Dengan LNG

Dalam tiga bulan terakhir Medco menghentikan operasi di Blok A. Sebelumnya, pihak Medco sudah memberitahu penghentian produksi dari blok gas tersebut.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 08 Maret 2020  |  00:05 WIB
Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Teuku Mohamad Faisal - Bisnis / David E. Issetiabudi
Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Teuku Mohamad Faisal - Bisnis / David E. Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA – Terhentinya produksi gas bumi dari Blok A selama tiga bulan terakhir memaksa alokasi gas dari wilayah kerja tersebut ke Sumatra Utara digantikan dengan gas alam cair (LNG).

Kepala BPMA Teuku Mohamad Faisal mengatakan pasokan gas yang terhenti untuk konsumen di Medan, sementara digantikan oleh pasokan LNG.

“Jadi selama itu dibantu dari LNG regasifikasi PGN [PT Perusahaan Gas Negara Tbk]. Sebenarnya [saat ini] sudah berproduksi lagi, bertahap sampai maksimal, tapi tergantung mereka dulu,” tuturnya ketika dihubungi Bisnis, Sabtu (7/3/2020).

Pihaknya mengamini dalam tiga bulan terakhir Medco menghentikan operasi di Blok A. Sebelumnya, pihak Medco sudah memberitahu penghentian produksi dari blok gas tersebut.

“Intinya kan soal keselamatan. jadi [masalahnya] ada di pipa gabungan dari masing masing sumur. Kan namanya proyek, ada struktur tanah yang berbeda, tanahnya bergerak,” katanya.

Faisal menjelaskan, tipe Blok A merupakan wilayah kerja yang memiliki kriteria high pressure dan high temperature. Dia menyebut ada tantangan tersendiri dalam mengelola blok semacam ini.

“Karena kondisi alam saja, tanahnya tidak stabil, makanya harus diratain dulu. Karena pengerasannya kurang bagus makannya tanahnya bergerak. Makanya kami matikan dulu,” tambahnya.

Dia menambahkan, kendati sudah beroperasi, Medco masih menunggu konsumen yang menyerap gas dari Blok A. “[mereka] Komunikasi sama buyer dulu, karena buyer belum maksimal menyerap,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi medco lapangan migas
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top