Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenag Minta Jemaah Bersabar, Tunggu Keputusan Arab Buka Akses Umrah Kembali

Kementeria Agama meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk proaktif mengelola dan memberikan  informasi kepada para jemaahnya.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  12:12 WIB
Suasana kegiatan beribadah di sekeliling Kabah - JIBI/Istimewa
Suasana kegiatan beribadah di sekeliling Kabah - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Agama memita para jamaah Indonesia untuk bersabar menunggu keputusan Arab Saudi untuk membuka kembali akses masuk dan penerbitan visa umroh.

Staf Khusus Menteri Agama Ubaidillah Amin menyatakan sudah berkomunikasi dengan pihak Arab Saudi terkait penghentian sementara penerbitan visa umroh.

Ubaidillah Amin Moch Stafsus Menteri Agama mengatakan Direktorat Jenderal Penyelengaraan Haji dan Umrah (PHU) sudah meminta jajarannya melakukan inspeksi mendadak ke bandara sebagai antisipasi banyak jamaah tertahan di bandara.

"[Kita] Menghormati keputusan Arab Saudi sebagai bentuk antisipasi menyebarnya virus corona meminta semua Jemaah umrah Indonesia untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali," katanya, kepada Bisnis Kamis (27/2/2020). 

Sejak pengajuan visa umrah dan visa lainnya ke Saudi mulai diberhentikan hari ini, Kemenag meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk proaktif mengelola dan memberikan informasi kepada para jemaahnya.

Adapun, berdasarkan laporan dari pengawasan di bandara, penerbangan sejumlah maskapai seperti Garuda Indonesia, Saudia Airlines, Citylink dan Lion masih melaksanakan jadwal penerbangan menuju Arab Saudi seperti biasa pada Kamis (27/2/2020).

Seperti diketahui, Kerajaan Saudi menghentikan  sementara penerbitan visa umroh untuk mencegah masuknya virus corona atau COVID 19. 

Dalam siaran persnya, Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah  Abdulaziz bin Wazzan mengatakan kebijakan itu diambil berdasarkan instruksi yang diterima oleh Kementerian Haji dan Umrah mengenai tindakan pencegahan masuknya virus Corona baru.

"Maka telah dilaksanakan penangguhan masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan Saudi untuk tujuan Umrah dan kunjungan lainnya serta penghentian penerbitan visa untuk sementara," katanya. 

Dalam hal ini Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga mengkonfirmasi perusahaan-perusahaan umrah dan agen perjalanan luar negeri untuk membatalkan pemesanan sejak diterbitkannya pengumuman ini sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umrah Virus Corona
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top