Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jakarta Banjir Lagi, Begini Nasib Pengusaha Penyewa Mal

Bencana banjir yang melanda DKI Jakarta secara bertubi-tubi tahu ini, memberikan tekanan yang besar bagi para pengusaha penyewa pusat perbelanjaan.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 25 Februari 2020  |  15:58 WIB
Kendaraan melintasi banjir yang menggenangi di Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir. ANTARA FOTO/Galih Pradipta - foc.
Kendaraan melintasi banjir yang menggenangi di Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir. ANTARA FOTO/Galih Pradipta - foc.

Bisnis.com, JAKARTA — Bencana banjir yang berkali-kali melanda DKI Jakarta sepanjang tahun ini, berdampak negatif terhadap pengusaha penyewa pusat perbelanjaan

Ketua Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budiharjo Iduansjah menyatakan banjir yang menyerang DKI Jakarta membuat pusat perbelanjaan dan ritel mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Menurutnya, fenomena banjir yang sudah terjadi tiga kali di DKI Jakarta pada awal tahun ini berdampak pada turunnya penjualan para penyewa pusat perbelanjaan.

Dalam hal ini, lanjutnya, terdapat penurunan jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dari total rata-rata pengunjung harian sebanyak 1.500 orang pada saat banjir terjadi.

“Dampaknya tentu sepi penjualan, tapi kalau secara nominal kerugian banjir dari Januari sampai saat ini saya belum ada angka. Hanya traffic pengunjung menurun separuh,” katanya, Selasa (25/2/2020).

Budiharjo memprediksi banjir yang terjadi tiga kali pada awal tahun ini mengakibatkan penurunan omzet sekitar 20 persen.  

Budiharjo mengatakan untuk penanganan masalah banjir para peritel menyerahkan sepenuhnya pada pemilik dan pengelola mal.

“Karena kami sudah membayar semua biaya sehingga tanggung jawab mal untuk antisipasi banjir. Paling langkah yang kami ambil sebagai antisipasi terulangnya banjir adalah mengurangi stok-stok toko yang ada di lantai bawah dan dasar,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta banjir mal
Editor : Yustinus Andri DP
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top