Bidik Pasar Milenial, Gradana Ekspansi ke Surabaya

Pengembangan bisnis ke Surabaya dilakukan karena adanya potensi pasar yang sangat besar, khususnya dari segmen milenial. 
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  18:54 WIB
Bidik Pasar Milenial, Gradana Ekspansi ke Surabaya
Kota Surabaya - Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA — Gradana selaku perusahaan rintisan digital yang khusus bergerak di bidang peer to peer lending untuk properti memperluas jangkauannya dengan merambah Surabaya, Jawa Timur. 

Pengembangan bisnis ke kota tersebut dilakukan karena Gradana menilai adanya potensi pasar yang sangat besar, khususnya dari segmen milenial. 

Co-founder Gradana Angela Oetama mengatakan Gradana dinilai memiliki solusi terhadap permasalahan milenial yang ingin memiliki atau menyewa hunian di pusat kota tanpa harus mengumpulkan biaya yang besar diawal.

"Kita sangat paham perilaku pasar di segmen ini yang ingin kepraktisan. Mereka tidak mau membuang waktu di jalan untuk mengakses tempat kerja," katanya, Rabu (12/2/2020). 

Angela menuturkan bahwa menyewa adalah opsi alternatif untuk bisa mendapatkan lokasi hunian di tengah kota. Apalagi, Surabaya dinilai merupakan kota metropolitan yang tingkat kemacetannya cukup tinggi.  

Hal itu, kata Angela, berdasarkan laporan Asia Development Bank (ADB) pada 2019 tentang Update: Fostering Growth and Inclusion in Asia's Cities jika Surabaya menempati urutan ke-20 sebagai kota termacet di Asia. 

"Wajar jika anak-anak muda usia produktif di Surabaya pun mulai mengadopsi kebiasaan seperti di Jakarta yang lebih memilih sewa properti di pusat kota daripada membeli rumah dan apartemen di pinggir kota," kata dia. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Gradana memiliki fitur GraSewa yang diklaim bisa menjadi solusi bagi kaum milenial yang ingin menyewa rumah di tengah kota Surabaya.

Penyewa nantinya tidak perlu membayar biaya sewa hingga satu tahun di muka, melainkan dapat dicicil per bulan. 

Pembayaran ruko untuk tempat usaha atau apartemen untuk tempat tinggal dapat dijadikan variabel pengeluaran bulanan. Calon penyewa juga dapat memilih sendiri dan menginformasikan kepada Gradana unit properti yang dikehendaki dan berlaku untuk ruko, rumah atau apartemen yang terletak di Surabaya. 

"Mereka ada opsi untuk menyewa apartemen seperti layaknya membayar kos-kosan, dan kami yakin GraSewa sangat membantu kelompok milenial yang sedang merintis usahanya untuk dapat menekan biaya operasional pada fase awal menjalankan bisnis di kota ini," katanya. 

Selain itu, Angela menjelaskan bahwa GraSewa menyediakan fasilitas talangan untuk satu tahun ke depan sehingga penyewa tidak perlu menyiapkan dana besar di awal untuk kepentingan sewa properti. 

"Secara tidak langsung, bisa membantu anak-anak muda Surabaya dalam mengurangi biaya operasional tahunan yang besar,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
properti

Editor : Fitri Sartina Dewi
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top