Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menteri PPN Sebut Proyek IKN Jadi Perhatian Dunia

Bappenas menyatakan dunia internasional tengah menantikan implementasi yang akan dijalankan dari pemerintah Indonesia dalam menjalankan rencana pemindahan ibu kota.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  17:42 WIB
Foto aerial Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (31/8/2019). Sebagian dari kawasan yang masuk sebagai hutan konservasi itu nantinya akan digunakan untuk wilayah ibu kota baru. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Foto aerial Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (31/8/2019). Sebagian dari kawasan yang masuk sebagai hutan konservasi itu nantinya akan digunakan untuk wilayah ibu kota baru. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan seluruh kajian dan masukan dari berbagai pihak terkait rencana pemindahan ibu kota akan menjadi pertimbangan dan segera ditindaklanjuti demi terwujudnya Ibu Kota Negara yang ideal.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan bahwa saat ini dunia sedang menantikan dan ingin melihat kemampuan Indonesia untuk mewujudkan rencana besar tersebut.

"Belum ada yang ibu kota pindah pulau, kita yakin IKN Indonesia nanti jadi yang terbaik," ujarnya dalam acara dialog IKN VI di Jakarta, Selasa (11/2/2020).  

Suharso memastikan bahwa semua hal yang diperdebatkan terkait IKN akan dipertimbangkan. Termasuk soal kajian lingkungan hidup. Semua kajian akan pertimbangan menjadi masukan yang baik untuk penyusunan rencana induk (masterplan) IKN.

"Tentu kita tidak bikin hutan beton. Kami juga kembalikan dan pulihkan fungsi hutan seperti Bukit Soeharto," katanya.

Dia menambahkan IKN yang baru nantinya diharapkan memiliki teknologi canggih dengan penggunaan energi baru dan terbarukan.

"Kami tidak ingin membuat pembangunan IKN ini jadi gap, tetapi trendsetter untuk seluruh kota-kota di Indonesia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur bappenas IKN
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top