Wabah Virus Corona, Sri Mulyani : China Kehilangan Momentum untuk Growth

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan penyebaran virus Corona di China akan berdampak pada pergerakan ekonomi Negeri Tirai Bambu dan negara lain, baik secara langsung maupun tak langsung.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  20:20 WIB
Wabah Virus Corona, Sri Mulyani : China Kehilangan Momentum untuk Growth
Menteri Keuangan Sri Mulyani - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan penyebaran virus Corona di China akan berdampak pada pergerakan ekonomi Negeri Tirai Bambu dan negara lain, baik secara langsung maupun tak langsung.

Pasalnya, China mejadi hub yang menyambungkan lalu-lintas ratusan juta manusia ke seluruh dunia.

"Saya rasa kalau lihat sisi global karena ini terjadi di tahun baru, mereka akan kehilangan momentum untuk growth [tumbuh] pada kuartal I/2020," katanya seusai acara BRI Group Economic Forum 2020 di Hotel Ritz-Carlton, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, perlambatan perekonomian pada kuartal I akan berdampak pada pertumbuhan domestik. Dengan menyebarnya virus Corona, pemerintah China bahkan telah menutup akses dari dan menuju kota Wuhan.

Bukan itu saja, penyebaran virus Corona bisa menimbulkan ketidakpastian kepada perekonomian dunia. Saat ini, seluruh pihak menunggu langkah pemerintah China untuk menjelaskan secara detail soal metode penularan, proses inkubasi, dan pengaruhnya terhadap manusia.

"Saya yakin suatu negara mampu memobilisasi tingkat ekonomi. [Situasi penyebaran virus Corona] sekarang tergantung respons pemerintah RRT. Apakah mereka akan compansate di kuartal selanjutnya?" ujar Sri Mulyani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sri mulyani, virus corona

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top