Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tangkal Virus Corona, Menhub Akan Gelar Pertemuan Khusus

Menhub segera mengundang Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata, Direktur Jenderal Imigrasi, Direktur Jenderal Bea Cukai dan seluruh operator pelabuhan dan bandara, untuk merapatkan langkah yang harus dilakukan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 27 Januari 2020  |  12:42 WIB
Warga memakai masker berjalan melalui lorong bawah tanah ke kereta bawah tanah di Beijing, China, 21 Januari 2020 di tengah merebaknya coronavirus. -  REUTERS / Jason Lee
Warga memakai masker berjalan melalui lorong bawah tanah ke kereta bawah tanah di Beijing, China, 21 Januari 2020 di tengah merebaknya coronavirus. - REUTERS / Jason Lee

Bisnis.com, TANGERANG -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menggelar pertemuan khusus untuk membahas cara mengatasi persebaran virus Corona di Indonesia. 

Menhub segera mengundang Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata, Direktur Jenderal Imigrasi, Direktur Jenderal Bea Cukai dan seluruh operator pelabuhan dan bandara, untuk merapatkan langkah yang harus dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Presiden [Joko Widodo] memberikan instruksi kepada kami untuk melakukan tindakan-tindakan yang lebih intensif, disiplin dan mempersiapkan segala hal," katanya, Senin (27/1/2020).   

Terkait dengan kemungkinan mengeluarkan peringatan kepada WNI untuk tak melakukan perjalanan (travel warning) ke China, Menhub masih mengkaji hal tersebut dan menanti hasil rapat bersama para pemangku kepentingan.

Saat ini, Kemenhub terus awasi seluruh aktivitas dari dan menuju negara China, tak hanya ke Wuhan. Sejumlah pintu masuk baik bandara maupun pelabuhan diperhatikan dengan intensif guna antisipasi virus Corona.

Budi menjelaskan pihaknya sudah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan tindakan lebih intensif memperhatikan segala kemungkinan penyebaran virus Corona ke Indonesia.

"Oleh karena itu, tadi malam saya sudah menyampaikan perintah kepada seluruh operator bandara dan seluruh operator pelabuhan untuk meningkatkan tidak hanya dari dan ke Wuhan, tetapi semua penerbang atau kapal yang dari China," jelasnya.

Dia lanjutnya, pertama, akan melakukan pemeriksaan secara intensif dengan tetap profesional terhadap setiap barang maupun penumpang yang masuk dari negara China.

Kedua, pihaknya juga mengharuskan seluruh petugas bandara dan pelabuhan internasional untuk menggunakan masker.  "Ketiga, kami mengharapkan tim dari pelabuhan dan bandara itu melakukan koordinasi intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menhub virus corona
Editor : Hendra Wibawa

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top