Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2020, LMAN Punya Dana Jangka Panjang

Melalui beleid terbaru, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) kali ini memiliki dana jangka panjang untuk pengadaan tanah PSN.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 25 Januari 2020  |  12:21 WIB
Ilustrasi- Kanal Cikarang-Bekasi Laut (CBL) yang merupakan salah satu proyek strategis nasional. - Bisnis/industry.co.id
Ilustrasi- Kanal Cikarang-Bekasi Laut (CBL) yang merupakan salah satu proyek strategis nasional. - Bisnis/industry.co.id

Bisnis,com, JAKARTA - Melalui beleid terbaru, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) kali ini memiliki dana jangka panjang untuk pengadaan tanah PSN.

Ketentuan baru ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 209/2019 tentang Tata Cara Pendanaan Pengadaan Tanah Bagi Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Pengelolaan Aset Hasil Pengadaan Tanah Oleh LMAN.

Dalam beleid terbaru yang dikutip pada Sabtu (25/1/2020), dana jangka panjang didefinisikan sebagai dana hasil akumulasi dari pembiayaan beserta hasil pengelolaannya untuk pendanaan pengadan tanah PSN.

Dana jangka panjang ini ditempatkan dalam suatu rekening yang dikelola oleh LMAN. Dengan ini, pendanaan pengadaan tanah dalam pelaksanaan PSN dilakukan melalui anggaran pembiayaan dengan tujuan membentuk dana jangka panjang.

Pendanaan pengadaan tanah yang dimaksud antara lain pembayaran ganti kerugian secara langsung kepada pihak yang berhak atau pembayaran kepada badan usaha yang telah melaksanakan pembayaran ganti rugi terlebih dahulu.

Nantinya, apabila ketersediaan dana jangka panjang pengadaan tanah lebih kecil dari perencanaan kebutuhan tahunan, LMAN perlu menyampaikan kepada KPPIP untuk melakukan penyesuaian daftar peringkat PSN dan output kegiatan.

Setelah ada penyesuaian prioritas pendanaan dan penetapan daftar prioritas pendanaan pengadaan tanah PSN tahunan, daftar tersebut menjadi dasar pencairan ganti rugi dan pencairannya dilaksanakan secara langsung dari RKUN ke rekening LMAN


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aset negara Proyek Strategis
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top