Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluasan Bandara Sam Ratulangi Dimulai, Ini Target Kapasitas Versi AP I

Direktur Teknik PT Angkasa Pura I Lukman F Laisa mengatakan setelah rampung, luas terminal Bandara Sam Ratulangi akan menjadi 57.296 m2 dari sebelumnya 26.481 m2 sehingga terdapat peningkatan kapasitas penumpang dari yang hanya 2,6 juta menjadi 5,7 juta per tahun.
Sejumlah wisatawan dari China tiba di Bandara Sam Ratulangi/Antara-Adwit B. Pramono
Sejumlah wisatawan dari China tiba di Bandara Sam Ratulangi/Antara-Adwit B. Pramono

Bisnis.com, MANADO - Perluasan Bandara Sam Ratulangi (Samrat), Manado, Sulut, yang akan dimulai awal 2020 ini, akan mampu menampung sebanyak 5,7 juta penumpang dalam setahun.

Direktur Teknik PT Angkasa Pura (AP) I Lukman F Laisa mengatakan setelah rampung, luas terminal Bandara Sam Ratulangi akan menjadi 57.296 m2 dari sebelumnya 26.481 m2 sehingga terdapat peningkatan kapasitas penumpang dari yang hanya 2,6 juta menjadi 5,7 juta per tahun.

"Hal ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa. Bandara Sam Ratulangi Manado akan memulai pelaksanaan pekerjaan fisik proyek perluasan gedung terminal, perluasan area parkir kendaraan dan renovasi bangunan terminal yang ada pada awal tahun 2020," katanya di Manado seperti dikutip Antara, Kamis (16/1/2020).

Dia mengatakan pertumbuhan pergerakan penumpang di Bandara Sam Ratulangi ini cukup tinggi utamanya arus wisatawan mancanegara yang terus meningkat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, katanya, dengan adanya peningkatan kapasitas terminal serta area parkir melalui proyek perluasan ini diharapkan Bandara Sam Ratulangi sebagai pintu gerbang udara di Provinsi Sulawesi Utara dapat memberikan kesan pertama yang menakjubkan bagi para penumpang yang baru tiba.
 
Selain itu, fasilitas bandara yang kian baik akan menjaga tingkat kepuasan para pengguna jasa selama berada di Bandara Sam Ratulangi.

Lukman berpesan selalu melakukan komunikasi dan koordinasi baik dengan internal maupun eksternal agar proyek perluasan ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Pembangunan terminal serta renovasi terminal yang ditargetkan selesai pada akhir 2020 ini mengedepankan konsep budaya lokal dipadukan nuansa modern di bagian eksterior maupun interior.

"Adapun tampilan gedung terminal terinspirasi dari bentuk pepohonan nyiur serta penggunaan ornamen bermotifkan batik khas Sulawesi Utara," jelasnya.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E T Gandeguai mengatakan bahwa dengan telah dilakukannya kick off meeting maka pelaksana proyek diharapkan untuk segera dapat melakukan pekerjaan fisik. Dia menargetkan pengerjakan itu bisa selesaipada Desember 2020, Bandara Sam Ratulangi dengan wajah baru telah dapat digunakan para pengguna jasa khususnya masyarakat Sulawesi Utara.

Minggus juga mengharapkan dukungan dari seluruh pihak agar proyek perluasan bandara kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara ini dapat berjalan dengan lancar dan selesai pada waktu yang telah ditentukan.

“Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Sulawesi Utara agar proyek perluasan ini dapat berjalan dengan lancar dan selesai sesuai target yang telah ditetapkan sehingga menjadi hadiah Natal bagi seluruh masyarakat Sulawesi Utara, serta kami mohon maaf jika selama proses pembangunan nantinya akan mengakibatkan kekurangnyamanan,” kata Minggus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper