Metland Bangun Ability Hub di Cibitung

Ability Hub merupakan wadah bagi penyandang disabilitas agar dapat menyalurkan keterampilan memproduksi barang kerajinan dan konsumsi serta memasarkannya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 16 Desember 2019  |  13:51 WIB
Metland Bangun Ability Hub di Cibitung
Sejumlah penyandang disabilitas melakukan Pawai Budaya Disabilitas di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Pawai tersebut dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Indonesia dengan mengangkat tema Menuju Disabilitas Merdeka. - Antara

Bisnis.com, CIKARANG — PT Metropolitan Land Tbk. melalui Yayasan Metropolitan Peduli memfasilitasi penyandang disabilitas dengan membangun Ability Hub, sebuah kompleks bengkel kerja mini di atas lahan seluas 5.000 meter di Metland Cibitung.

Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk. Thomas J. Angfendy menjelaskan bahwa Ability Hub merupakan wadah bagi penyandang disabilitas agar dapat menyalurkan keterampilan memproduksi barang kerajinan dan konsumsi serta memasarkannya.

Menurutnya, semua warga negara termasuk para penyandang disabilitas memiliki hak dan kedudukan yang sama di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itu, walaupun para disabilitas mempunyai keterbatasan fisik, hal itu bukanlah hambatan untuk berkarya.

"Dengan memberi bekal keterampilan usaha dan manajemen, kita bisa membantu penyandang disabilitas untuk dapat menghidupi dirinya sendiri, tanpa harus bergantung pada orang lain," kata Thomas pada prosesi pemancangan tiang proyek itu di Cibitung, Senin (16/12/2019).

Thomas menjelaskan banhwa peserta program Ability Hub nantinya merupakan para penyandang disabilitas yang sebelumnya telah mendapatkan pembekalan keterampilan kerja dari Balai Besar Kementrian Sosial.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyebutkan bahwa nantinya para peserta Ability Hub akan dilatih untuk menjadi pelaku usaha atau entrepreneur dalam bidang produksi barang yang terkait dengan keterampilan yang dimilikinya.

Keterampilan itu antara lain pada industri pembuatan kaki/tangan palsu, pembuatan hotel amenities, kerajinan tas suvenir/goodie bag, pembuatan batik, dan percetakan alat tulis kantor.

"Selama program berjalan, para peserta akan mendapatkan pendampingan dan pembekalan pengetahuan dalam hal manajemen produksi, operasional, keuangan dan pemasaran selama maksimal 2 tahun. Setelah periode tersebut, peserta program Ability Hub diharapkan untuk dapat menjadi pelaku usaha yang mandiri, sehingga dapat membuka usahanya di lokasi lain," kata Juliari.

Selanjutnya, setelah pelaku usaha menjadi mandiri, sambung Thomas, tempat yang ditinggalkan kemudian akan menjadi wadah bagi peserta-peserta Ability Hub yang baru.

Ability Hub merupakan salah satu bentuk kontribusi Metland dalam kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019. Melalui program tersebut pula, Metland mendukung para penyandang disabilitas dalam lingkup akses pemasaran untuk barang-barang yang telah diproduksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mensos, metland, penyandang disabilitas

Editor : Zufrizal
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top