Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirNav Indonesia Fokus Benahi Navigasi Penerbangan di Papua

Direktur AirNav Indonesia Novie Riyanto menyatakan ada 109 titik bandara yang menjadi perhatian di Papua.
Bandara Wamena di Papua/Istimewa
Bandara Wamena di Papua/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav Indonesia mengalokasikan investasi sebesar Rp173,64 miliar untuk navigasi penerbangan di Papua.

Direktur AirNav Indonesia Novie Riyanto menyatakan ada 109 titik bandara yang menjadi perhatian di Papua, tiga di antaranya merupakan bandara pengumpul (hub) yakni Jayapura, Timika, dan Wamena.

"Papua menjadi salah satu fokus kami. Pergerakan pesawat di sana cukup padat jika dibandingkan dengan kapasitas bandaranya," katanya, Kamis (5/12/2019).

Dia mencontohkan Bandara Wamena memiliki pergerakan hingga di atas 100 pergerakan per hari. Jumlah ini hampir mendekati pergerakan pesawat di Bandara Kuala Namu Medan, tetapi dengan kapasitas bandara yang lebih kecil.

Nantinya, selain bandara hub juga ada bandara yang dijadikan penghubung, yakni Bandara Nop Goliat Dekai di Yahukimo. Bandara yang memiliki posisi di pesisir pantai sangat strategis untuk menghubungkan Tol Laut.

Novie menjelaskan barang yang dibawa menggunakan jalur Tol Laut akan langsung bisa didistribusikan ke wilayah lain menggunakan jembatan udara melalui Bandara Dekai. Dengan demikian, pergerakan logistik dan penumpang ke wilayah pedalaman tidak terputus.

Selain infrastuktur navigasi, lanjutnya, SDM juga dipersiapkan. AirNav bekerja sama dengan diklat dari Kemenhub untuk mendidik putra daerah menjadi petugas lalu lintas udara (air traffic controller/ATC), engineer, dan petugas komunikasi yang ditempatkan di Papua. "Mereka akan jadi pionir di sana. Mereka kita biayai dan pekerjakan secara profesional," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper