Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Kirim Smooth Fluid (SF-05) untuk Pengeboran Blok Mahakam

PT Pertamina (Persero) mengirimkan smooth fluid (SF)-05  sebanyak 1.500 kiloliter (KL) untuk digunakan di Blok Mahakam, Kalimantan Timur, pada tahun ini.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  17:42 WIB
Pertamina Kirim Smooth Fluid (SF-05) untuk Pengeboran Blok Mahakam
Acara pengiriman perdana SF-05 untuk pengeboran Blok Mahakam, Rabu (23/10/2019). - Bisnis/Yanita Petriella
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — PT Pertamina (Persero) mengirimkan smooth fluid (SF)-05  sebanyak 1.500 kiloliter (KL) untuk digunakan di Blok Mahakam, Kalimantan Timur, pada tahun ini.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan SF-05 mulai dikirimkan untuk membantu proses pengeboran di Blok Mahakam sehingga produksi menjadi lebih maksimal.

“Penggunaan SF-05 ini merupakan sinergi bisnis antara Direktorat Pemasaran Korporat, RU V Balikpapan, dan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sebagai pengelola Blok Mahakam serta telah mendapat persetujuan SKK Migas baik secara teknis maupun komersial,” ujarnya, Rabu (23/10/2019).

SF-05 yang diproduksi RU V Balikpapan telah berstandar internasional sehingga beberapa waktu lalu telah diekspor ke Aljazair. 

"SF-05 memiliki keunggulan ramah lingkungan karena kandungan aromatik rendah, aman digunakan, menghemat pemakaian aditif lainnya, serta kompatibel dengan berbagai kondisi pengeboran," ucapnya.

Dia menambahkan SF-05 akan digunakan pada lima sumur di Blok Mahakam yang dibor pada periode Oktober 2019 hingga Februari 2020. 

Adapun total kebutuhan SF-05 mencapai 1.500 KL yang akan dikirimkan dalam tiga tahap, yakni sebanyak 700 KL pada tahap perdana, kemudian 400 KL pada pertengahan November 2019, dan terakhir sebanyak 400 KL pada Desember 2019.

Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada produk SF-05 mencapai 57% dan telah memenuhi ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2013 tentang penggunaan produk dalam negeri pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi, sinergi perusahaan, dan anak perusahaan.

"SF-05 juga telah mendapatkan hak paten dan telah dilakukan assessment berbasis ISO 9001 QMS surveilance oleh salah satu mud service dengan hasil Level A Well-Developed QMS," tutur Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina blok mahakam
Editor : Lucky Leonard
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top