Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Ini Perubahan Rute Transjakarta dan KRL

Untuk mengamankan proses pelantikan, jalan di sekitar Kompleks Parlemen Senayan ditutup dan dialihkan. Imbasnya, terjadi pengalihan rute transportasi umum, yaitu Transjakarta dan KRL.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 20 Oktober 2019  |  07:59 WIB
Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Ini Perubahan Rute Transjakarta dan KRL
Halte Transjakarta - Nirmala Aninda

Bisnis.com, JAKARTA--Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 pada Minggu (20/10/2019). Prosesi pelantikan diagendakan berlangsung pukul 14.30 WIB.

Pengambilan sumpah jabatan akan berlangsung di Gedung Nusantara, Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Selatan.

Untuk mengamankan proses pelantikan, jalan di sekitar Kompleks Parlemen Senayan ditutup dan dialihkan. Imbasnya, terjadi pengalihan rute transportasi umum Transjakarta dan KRL.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Kereta Api Indonesia (persero) Daerah Operasi 1 Jakarta juga melakukan pengaturan pola operasi khusus KRL Commuter Line Lintas Rangkasbitung/ Maja/ Parungpanjang / Serpong - Tanah Abang PP.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan pada lintas tersebut dilakukan pengaturan pola operasi untuk KRL hanya berjalan hingga Stasiun Kebayoran dan selanjutnya kembali ke Stasiun tujuan Rangkasbitung, Maja, Parungpanjang, Serpong, sehingga tidak melayani pemberhentian maupun keberangkatan di Stasiun Palmerah dan Tanah Abang.

"Pengaturan pola operasi ini berlangsung mulai jadwal pemberangkatan KA pertama hingga pemberitahuan selanjutnya pada Minggu 20 Oktober," kata Anne seperti dikutip dalam siaran pers, Minggu (20/10/2019)

Anne menuturkan pengaturan pola operasi dibuat dengan mempertimbangkan pengguna KRL akan kesulitan menemukan angkutan lanjutan selepas dari stasiun Palmerah karena ruas jalan di sekitarnya ditutup ataupun dialihkan arus lalu lintasnya.

Untuk KRL Commuter Line lintas lainnya yaitu Bogor/ Depok - Jakarta Kota PP; Bogor/ Depok /Nambo - Duri/Jatinegara PP (melayani naik turun pengguna di Stasiun Tanah Abang), Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota PP, Duri - Tangerang PP, dan Jakarta Kota - Tanjung Priok PP seluruhnya berjalan normal seperti biasa.

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan sehubungan dengan penutupan jalan yang terjadi di sekitar Patung Kuda dan Sekitar MPR/DPR, beberapa layanan Transjakarta mengalami perngalihan dan perpendekan rute.

"Koridor 1 Blok M - Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas berlaku kedua arah," ungkapnya.

Selanjutnya, rute 1A PIK - Balai Kota mengalami perpendekan rute menjadi PIK - Harmoni terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

Adapun, koridor 2 Harmoni - Pulogadung mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas s/d Halte Gambir 2.

Nadia menambahkan Rute 6A Ragunan - Monas via Kuningan dan Rute 6B Ragunan - Monas via Semanggi saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Tosari via Kuningan terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

"Koridor 9 Pinang Ranti - Pluit mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan. Untuk sementara arah Pluit tidak melewati Halte Senayan JCC s/d Halte Slipi Petamburan," jelasnya.

Rute 1B Tosari - St.Palmerah mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalur. Untuk sementara tidak melewati Halte Senayan JCC s/d DPR 2.

Di sisi lain, rute 1B: St.Palmerah - Tosari mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalur selepas lampu merah arah KEMENPORA. Untuk sementara selepas St. Palmerah via Patal Senayan lanjut pelayanan normal sampai Tosari.

Selanjutnya, rute 5A Kp.Melayu - Grogol mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas.

"Rekayasa layanan Operasional Transjakarta hari ini [20/10/2019] akan kembali seperti semula sampai semua jalan yang ditutup oleh pihak kepolisian dibuka kembali," ucap Nadia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transjakarta, krl, Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top