KABAR PASAR 11 Oktober: Bocor Tekstil di Pintu Berikat, Bank Kecil Makin Tersengal-Sengal

Berita mengenai perembesan produk impor dan efek disrupsi dari perusahaan teknologi finansial menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (11/10/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  08:31 WIB
KABAR PASAR 11 Oktober: Bocor Tekstil di Pintu Berikat, Bank Kecil Makin Tersengal-Sengal
Repro - duniatex.com

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai perembesan produk impor dan efek disrupsi dari perusahaan teknologi finansial, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (11/10/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Bocor Tekstil di Pintu Berikat. Ada pemandangan tak biasa ketika Bisnis menyusuri Jalan Raya Rancaekek sore itu. Jalanan terasa lengang. Di pinggir jalanan, deretan pabrik tekstil dan produk tekstil (TPT) seperti Kahatex dan Supratex terlihat sepi dari aktivitas buruh pada jam pergantian (shift) sore. Ternyata, sudah banyak pabrik TPT di Jawa Barat yang gulung tikar.

Instrumen Nontarif Jadi Kunci. Derasnya arus impor, baik dalam bentuk bahan baku, produk antara, maupun barang telah memengaruhi penyerapan produk dalam negeri. Bahkan kinerja industri nasional diakui juga kian tertekan.

Ketentuan Insentif Fiskal Direvisi. Ketentuan dan skema pemberian insentif fi skal dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan direvisi menyusul banyaknya keluhan dari pelaku usaha terkait aturan yang multitafsir.

Pasar Ritel China dan India Terpuruk. Industri ritel di China dan India tengah lunglai menyusul pelemahan daya beli masyarakat. Kondisi ini diprediksi akan berdampak pada ekonomi global mengingat jumlah konsumen di kedua negara itu mewakili sepertiga populasi dunia.

Biaya Konstruksi Membengkak. PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) memproyeksi jalan tol Cibitung–Cilincing (tol Cicing) yang menjadi akses baru Pelabuhan Tanjung Priok itu bakal rampung pada tahun depan. Biaya proyek tol tersebut membengkak akibat perubahan desain konstruksi.

KPPU Siapkan Aturan Baru Soal Merger. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyiapkan peraturan terbaru mengenai notifi kasi merger dan akuisisi. Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Komisi Pengawas Persaingan Usaha Deswin Nur menjelaskan Peraturan KPPU (perkom) ini sudah sampai pada proses pengajuan pengundangan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pengamanan Pejabat Negara Disorot. Pengamanan terhadap pejabat negara menjadi sorotan setelah peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10) siang.

Bank Kecil Makin Tersengal-Sengal. Bank-bank kecil tampaknya menjadi korban yang paling terdampak oleh efek disrupsi yang dihadirkan perusahaan teknologi finansial (tekfin). Mereka terpaksa harus berbagi kue di segmen usaha mikro, kecil, dan menengah yang kini gencar disasar tekfin.

Sistem Sertifikasi Halal Belum Siap. Sepekan jelang pemberlakuan kewajiban sertifi kat halal, lembaga pemeriksa dan auditor halal belum siap. Pemerintah didorong untuk menunda pemberlakuan kewajiban sertifikasi halal hingga seluruh sistem pengelolaan terbentuk.

Toyota Ngebut, Honda Mulai Ngegas. Di tengah menciutnya pasar mobil tipe sedan sepanjang Januari—Agustus 2019, penjualan model Toyota berakselerasi. Adapun Honda mengklaim mampu memacu kinerjanya pada kuartal pertama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Industri Tekstil, fintech

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top