Menhub Siapkan Rp50 Miliar Kembangkan Pelabuhan Sungai Musi Palembang

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siapkan anggaran Rp50 miliar untuk penataan kawasan pelabuhan sungai 16 Ilir dan 7 Ulu yang berada di Sungai Musi, Palembang pada 2020 mendatang.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 30 September 2019  |  22:56 WIB
Menhub Siapkan Rp50 Miliar Kembangkan Pelabuhan Sungai Musi Palembang
Sejumlah perahu motor kecil berjajar di pinggiran sungai. Perahu yang biasa disebut ketek tersebut siap mengantar wisatawan untuk menyusuri Sungai Musi. - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siapkan anggaran Rp50 miliar untuk penataan kawasan pelabuhan sungai 16 Ilir dan 7 Ulu yang berada di Sungai Musi, Palembang pada 2020 mendatang.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menuturkan Pelabuhan Dermaga 16 Ilir yang termasuk dalam salah satu proyek Penataan Kawasan dan proyek percontohan angkutan sungai nasional.

Pada 2019 ini anggaran yang disiapkan sebesar Rp50 milliar untuk angkutan sungai, danau dan penyebrangan (SDP). Pada 2020 mendatang, dia sudah menyiapkan anggaran dengan jumlah yang sama yaitu Rp50 miliar.

Penataan ini dilakukan untuk mengintegrasikan moda-moda transportasi yang ada di Palembang diantaranya LRT Sumsel, BRT Trans Musi, serta angkutan sungai.

"Angkutan massal itu harus terkoneksi dengan antar modanya. Antar moda itu bisa LRT atau TransMusi, nah angkutan sungai ini juga," katanya dalam keterangan resmi, yang dikutip Bisnis Senin (30/9/2019).

Menurutnya, dengan adanya integrasi ini masyarakat dipermudah karena dapat memilih moda transportasi massal yang ingin digunakan, baik bus rapid transit (BRT) ataupun light rapid transit (LRT).

"Proyek Musi ini adalah proyek TOD yang paling besar di Palembang. Perjumpaan berbagai moda ada disini. Oleh karenanya saya datang kesini memastikan supaya supply dari penumpang untuk angkutan massal makin bagus disini," tuturnya.

Penataan kawasan Pelabuhan Sungai 16 Ilir pada tahun 2019 meliputi pekerjaan pembangunan ponton berth, ponton keberangkatan, ponton kedatangan, ponton wisata, trestle seluas 1,5 x 52,5 meter, perbaikan plafon halte integrasi BRT, dan SPBU terapung.

Selain itu, dilakukan juga peningkatan SDM operator kapal maupun aparatur petugas melalui Bimbingan Teknis.

Ke depannya, konsep penataan angkutan Sungai Musi akan menerapkan konsep modern dan berkeselamatan, dengan prinsip “Ber- 7” yaitu diantaranya Ber-Tiket, Ber-Jadwal, Ber-Manifest, Ber-Life Jacket, Ber-Asuransi, Ber-Sertifikat dan Ber-SIB (Surat Izin Berlayar).

Menhub memberikan sebanyak 100 unit life jacket dan 100 unit life buoy kepada Koperasi Angkutan Sungai Musi Palembang yang ditandai dengan pemberian simbolis kepada 4 awak kapal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sungai musi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top