Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trade Expo Indonesia 2019, Kemendag Targetkan Transaksi Barang US$1,72 Miliar

Kementerian Perdagangan menargetkan transaksi barang senilai US41,72 miliar saat penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34 pada 16—20 Oktober 2019.
Konferensi pers TEI 2019, Rabu (18/9/2019). - dok. Kemendag
Konferensi pers TEI 2019, Rabu (18/9/2019). - dok. Kemendag

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan menargetkan transaksi barang senilai US41,72 miliar saat penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34 pada 16—20 Oktober 2019.

Target tersebut naik 15% dibandingkan dengan target transaksi TEI ke-33 tahun lalu senilai US$1,5 miliar. Adapunm, realisasi transaksi barang sepanjang penyelenggaraan TEI 2018 mencapai US$1,45 miliar.

Selain itu, pada penyelenggaraan TEI tahun lalu tercatat pula transaksi investasi senilai US$5,55 miliar, transaksi jasa US$1,31 miliar, dan transaksi pariwisata US$170,5 juta. Sehingga, total transaksi yang berhasil dibukukan melalui TEI tahun lalu mencapai US$ 8,49 miliar.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Dody Edward mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan transaksi barang pada penyelenggaraan TEI tahun ini adalah dengan memberikan pelayanan kepada para calon pembeli yang hadir.

“Apa yang membedakan? Kami akan lebih mendekatkan diri ke buyers. Kami akan berikan informasi lebih banyak dan detail kepada mereka sampai mereka berhasil mendapatkan mitra yang tepat [dari Indonesia]. Kemdudian, kami akan membantu mereka [para pembeli] menyelesaikan masalah [yang dihadapi] secara langsung di tempat [penyelenggaraan],” katanya dalam konferensi pers TEI ke-34 yang digelar di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Dody menambahkan, pada penyelenggaraan TEI ke-34, Kemendag juga akan menghadirkan sejumlah perusahaan pelayaran untuk mempermudah pembeli mencari informasi detail mengenai pengiriman produk dari Indonesia ke negara tujuan masing-masing. Namun, dia tak memberikan penjelasan lebih lanjut perusahaan pelayaran apa saja yang akan hadir pada penyelenggaraan TEI ke-34.

“Nanti mereka akan ada booth khusus, buyers bisa langsung datang dan mencari tahu berapa biaya shipping per petikemasnya dari Indonesia ke negara tujuan mereka,” ungkapnya.

Dody optimis bahwa capaian total transaksi TEI ke-34 bisa melampaui TEI ke-33. Pasalnya, banyak potensi yang sebetulnya bisa diraih oleh Indonesia dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China, serta Korea Selatan dan Jepang.

“Potensi dari perang dagang ini yang bisa kita isi, kawan-kawan eksportir harus bergerak menggarap potensi ini. [Produk barang yang] potensial ada tekstil dan produk tekstil serta makanan dan minuman,” tegasnya.

Dody menambahkan, selain menggarap potensi dari perang dagang, upaya yang bisa dilakukan untuk menggenjot ekspor adalah dengan memperluas pasar ke negara-negara tujuan ekspor nontrandisional yang ada di Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Eurasia.

Sebagai catatan, pada 2019, Indonesia menargetkan ekspor nonmigas sebesar US$175,8. Namun, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor nonmigas sepanjang Januari-Agustus 2019 baru mencapai US$ 101,48 miliar atau turun 6,66% dari periode yang sama tahun lalu (year on year/YoY).  Padahal, target ekspor nonmigas tahun ini ditargetkan mampu tumbuh 8% dari realisasi sepanjang 2018 sebesar US$162,65 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper