Menkeu Rombak Ratusan Pegawai di Ditjen Pajak

Dari keterangan resmi Kementerian Keuangan, setidaknya 112 pejabat di lingkungan otoritas pajak yang terdari 7 pejabat di lingkuangan Kantor Pusat Ditjen Pajak dan 105 lainnya pejabat yang tersebar di 30 Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pajak di seluruh Indonesia.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 17 September 2019  |  11:21 WIB
Menkeu Rombak Ratusan Pegawai di Ditjen Pajak
Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat melantik 112 pejabat di lingkungan otoritas pajak yang terdiri 7 pejabat di lingkuangan Kantor Pusat Ditjen Pajak dan 105 lainnya pejabat yang tersebar di 30 Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pajak di seluruh Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Di ujung periode pertama pemerintahan kabinet kerja, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merombak eselon III di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.

Dari keterangan resmi Kementerian Keuangan, setidaknya 112 pejabat di lingkungan otoritas pajak yang terdiri dari 7 pejabat di lingkuangan Kantor Pusat Ditjen Pajak dan 105 lainnya pejabat yang tersebar di 30 Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pajak di seluruh Indonesia.

Menkeu menegaskan bahwa mutasi dan promosi merupakan penyegaran bagi organisasi sekaligus bentuk kepercayaan yang diberikan oleh organisasi atas kompetensi para individu pejabat tersebut.

Sri Mulyani memaparkan pejabat eselon III merupakan jabatan yang strategis karena posisi jabatan yang dekat dengan level pimpinan, sekaligus juga dekat dengan jajaran staf.

“Saya selalu menekankan bahwa fungsi eselon III itu sangat strategis. Anda lah the real organisational mover. Anda engine dari organisasi kita. Anda menentukan sikap dan tone dari organisasi kita. Menkeu bisa saja berpidato, tapi yang the real contoh kepada jajaran Anda adalah diri Anda,” tegas Menkeu melalui keteranga resminya, Selasa (16/9/2019).

Oleh karena itu, menkeu menambahkan bahwa pejabat eselon III bisa menjadi titik kuat dari organisasi sekaligus juga bisa jadi titik lemah organisasi. Posisi para Eselon III di lingkungan Kemenkeu ini menjadi sangat penting untuk dapat menyulut semangat, menciptakan komitmen dan keterikatan serta dedikasi dari jajaran staf di Kemenkeu.

Untuk itu, menkeu menekankan pada pentingnya pengalaman dan integritas para pejabat Eselon III tersebut. Di samping itu, Kemenkeu saat ini banyak merekrut pegawai muda yang merupakan lulusan terbaik. Di sinilah, menkeu menekankan pentingnya posisi Eselon III untuk dapat menjadi role model bagi ASN baru tersebut.

“Apa yang anda lakukan, yang Anda perbuat, yang Anda ucapkan itu menjadi suatu investasi kepada jajaran kita terutama yang baru masuk. Jika kita mampu merekrut orang-orang terbaik, kita bisa memberikan mereka pembekalan” tegas menkeu.

Sebagai informasi, selain Ditjen Pajak perombakan juga terjadi di Dirjen Anggaran, Setjen Kemenkeu, dan BPPK. Adapun sebanyak 65 pejabat menerima promosi dari eselon IV ke eselon III, 58 pejabat mutasi, sedangkan 6 lainnya menerima pengukuhan karena reorganisasi dan pengangkatan kembali dalam jabatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ditjen pajak

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top