Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Irlandia : Bertumpu pada Pengelolaan Peternakan Modern

Shane menjadi bintang karena menjadi salah satu pembicara dalam membagikan pengalaman dan kunci suksesnya dalam mengelola peternakan sapi keluarga kepada para peternak Irlandia lain.
Peternakan di Irlandia. BISNIS/Yusuf Waluyo Jati
Peternakan di Irlandia. BISNIS/Yusuf Waluyo Jati

Peternakan Mengubah Ekonomi Keluarga

Shane selalu berbicara sangat mendetail dan bersemangat ketika diajak berdiskusi mengenai peternakan sapi. Dia selalu menjadi pribadi yang tidak pernah puas hanya dengan pengalaman di lapangan.

Tak heran jika pengalaman di ladang rumput membawanya meraih gelar akademik di bidang Animal Crop Production dari University College Dublin (UCD).

Berkat kecerdasan, pengalaman, dan kerja kerasnya pula, dia juga meraih beasiswa ternama Stephen Cullinan yang menerbangkannya ke Kanada untuk menimba pengalaman baru mengenai teknik-teknik baru pertanian.

Keluarga Shane O’Loughlin telah beternak di Oghill, Monasterevin, County Kildare, Cork, sejak 1953. Itu terjadi ketika kakeknya membeli kembali lahannya. Kedua orangtua Shane, Dermot dan Angela, kemudian melanjutkan usaha peternakan sapi ini.

Harapan akan adanya rezeki dari usaha keluarga ini semakin terbuka ketika pada era 1960-an, sebuah perusaaan lokal dibuka di Monasterevin. Keluarga Shane pun mulai memasok susu segar ke perusahaan itu. Ekonomi keluarga pun berubah drastis sejak saat itu.

Shane ingat betul ketika ayahnya bekerja tanpa penerangan listrik sama sekali dan membutuhkan sedikitnya enam orang pria untuk memerah susu sebanyak 20 ekor sapi dengan tangan sepanjang hari.

Kini, dia tidak lagi bersusah payah seperti zaman ayahnya dahulu. Peternakannya sekarang dilengkapi dengan peralatan modern sehingga dia bisa memerah susu 200 ekor sapi hanya dalam 2 jam pada saat jam sibuk dan hanya dilakukan oleh satu orang pekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Bisnis Indonesia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper