Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Siap Dukung Swasta Nasional Soal Kendaraan Listrik

Pemerintah berjanji akan berpihak pada pelaku usaha dalam negeri yang terkait dengan implementasi kendaraan listrik, khususnya swasta agar pergerakan tingkat perekonomian makin merata.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 31 Agustus 2019  |  18:02 WIB
Penumpang turun dari bus listrik usai mengikuti uji coba di halaman Balai Kota, Jakarta - ANTARA
Penumpang turun dari bus listrik usai mengikuti uji coba di halaman Balai Kota, Jakarta - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah berjanji akan berpihak pada pelaku usaha dalam negeri yang terkait dengan implementasi kendaraan listrik, khususnya swasta agar pergerakan tingkat perekonomian makin merata.


Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan meminta agar semua sumber daya penunjang kendaraan listrik harus diproduksi di Indonesia. Penggunaan konten lokal diharapkan bisa dioptimalkan.


"Pemerintah akan berpihak pada produk yang dihasilkan dari dalam negeri. Biarkan swasta berkembang supaya perekonomian lebih merata, itu yang diinginkan Presiden [Joko Wododo]," kata Luhut, Sabtu (31/8/2019).


Dia mengantisipasi jangan sampai produksi hanya didominasi oleh perusahaan milik negara atau terjadi BUMN sentris. Pihaknya tidak setuju akan hal tersebut.


Luhut menuturkan tenaga ahli maupun universitas terbaik di Indonesia harus mampu mengerahkan seluruh pemikirannya untuk menghasilkan produk kendaraan listrik yang lebih baik.


Bahkan, pemerintah berencana pos APBN pada 2021 terkait pengadaan kendaraan akan dialihkan dari yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi listrik. Hal tersebut untuk menunjang percepatan industri kendaraan listrik di Tanah Air.


"Jangan bicara soal perbedaan terus, capek. Namun, mulai memikirkan bagaimana bangsa ini bisa baik dan diberdayakan dengan bagus," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan Kendaraan Listrik
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top