Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Logistik Terus Tumbuh, Sayangnya Tidak Mengarah ke Fisik

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal, realisasi investasi sektor Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi mencapai Rp71,8 triliun atau 18 persen dari total realisasi secara keseluruhan pada semester I/2019.
Ilustrasi/mmproperty.com
Ilustrasi/mmproperty.com

Bisnis.com, JAKARTA -- - Realisasi investasi pada sektor transportasi dan logistik terus tumbuh dan bernilai besar pada semester I/2019, sayangnya ranah krusial sektor ini dinilai masih minim investasi.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi sektor Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi mencapai Rp71,8 triliun atau 18 persen dari total realisasi secara keseluruhan pada semester I/2019.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita menyatakan investasi memang masih tinggi di sektor transportasi dan gudang, tetapi investasi di sektor ini masih didominasi oleh ride hailing atau transportasi online.

"Paling banyak investasi masih di ride hailing atau on demand transport, untuk investasi secara fisik seperti gudang atau truk belum terlihat geliatnya," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (14/8/2019).

Padahal, tuturnya, para pelaku logistik berharap investasi lebih banyak di subsektor seperti pengembangan cold storage atau cold chain. Investasi di kedua subsektor ini disebut masih belum terlihat.

Pemerintah berdasarkan paket kebijakan ekonomi jilid XVI sudah mengeluarkan subsektor tersebut dari daftar negatif investasi (DNI), sehingga investasi asing porsi kepemilikannya dapat lebih besar.

"Padahal sudah 100 persen [keluar dari DNI], jadi ada faktor lain yang membuat investasi tidak masuk. Biaya impor yang tinggi untuk peralatan cold storage [bisa jadi masalahnya] karena pajak yang mencapai 1/3 dari harga produk," jelasnya.

Investasi di subsektor cold storage yang semula terbuka untuk kepemilikan asing sebesar 33 persen meningkat menjadi terbuka 100 persen.

Dia menyayangkan kondisi ini karena cold storage sangat penting untuk penyimpanan barang-barang segar produksi para petani dan nelayan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper