Klaim Pemerintah, PHK Terus Turun Memasuki Industri 4.0

Pemerintah mengklaim angka pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia terus menurun dari tahun ke tahun.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  14:24 WIB
Klaim Pemerintah, PHK Terus Turun Memasuki Industri 4.0
Mencari pekerjaan - rifemagazone.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah mengklaim angka pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia terus menurun dari tahun ke tahun.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Khairul Anwar menuturkan angka PHK sejak 2014 hingga akhir tahun lalu terus mengalami penurunan.

Adapun, pada akhir tahun lalu jumlah tenaga kerja yang mengalami PHK tak lebih dari 4.000 orang.

"Pada 2017, jumlah tenaga kerja yang mengalami PHK sebanyak 9.822 orang tenaga kerja," sebutnya kepada Bisnis.com, Selasa (6/8/2019).

Menurutnya, perubahan teknologi yang terjadi secara masif saat ini tentu akan berdampak pada pengurangan kesempatan kerja di sejumlah sektor. 

Kendati demikian, pihaknya tidak khawatir terhadap gelombang PHK. Pasanya, dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi melahirkan kesempatan kerja lain.

Saat ini, sebutnya, pemerintah terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja terlatih untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Lebih lanjut, dia menegaskan, para tenaga kerja yang terkena PHK diarahkan untuk mengikuti pelatihan pada Balai Latihan Kerja (BLK) sehingga dapat mengasah dan meningkatkan ketrampilan. 

Selain itu, program kartu pra kerja yang digagas oleh Presiden Joko Widodo nantinya akan sangat membantu para korban PHK. 

"Kami juga bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam menyediakan pelatihan kepada korban PHK. Ini upaya kami terus meningkatkan kemampuan tenaga kerja yang terkena PHK, agar mereka bisa bekerja kembali," terangnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
phk

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top