Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Perusahaan RI yang Paling Banyak Setop Rekrut Karyawan, Salah Satunya Perbankan

Ada setidaknya tiga bidang perusahaan RI yang paling banyak menyetop rekrutmen karyawan pada tahun 2023.
Ilustrasi perbankan dan sistem keuangan
Ilustrasi perbankan dan sistem keuangan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada setidaknya tiga bidang perusahaan RI yang paling banyak menyetop rekrutmen karyawan pada tahun 2023.

Hal ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk menghindari PHK massal karena kelebihan tenaga kerja yang tidak sebanding dengan pendapatan.

Bukan tanpa data, informasi ini dikutip dari Talent Acquisition Insights 2024 oleh Mercer Mettl.

Laporan tersebut mencatat bahwa 69% perusahaan di Indonesia setop rekrut karyawan pada 2023, angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata global sebesar 50%.

Dari laporan tersebut, diketahui ada 3 bidang yang menyumbang pembekuan perekrutan karyawan terbanyak pada tahun 2023. Bahkan presentasenya mencapai 67%.

Ketiga industri yang dimaksud adalah perbankan, perhotelan, dan farmasi. Ketiganya menjadi tiga sektor teratas di Indonesia yang membekukan perekrutan pekerja pada 2023.

Laporan tersebut juga mengungkapkan sebanyak 23% perusahaan di Indonesia melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada 2023, dibandingkan dengan rata-rata global sebesar 32%.

Sebagai informasi, Survei Talent Acquisition Insights 2024 yang diadakan oleh Mercer Mettl dilakukan terhadap lebih dari 750 profesional SDM di lebih dari 20 industri di Indonesia.

Survey ini dilakukan untuk mengungkap wawasan tentang tren perekrutan yang akan membentuk strategi masa depan bagi perusahaan.

Pada laporan yang sama, dilaporkan bahwa 75% perusahaan di Indonesia memandang kemahiran kecerdasan buatan (AI) sebagai keterampilan yang tidak terpisahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper