Ratusan Bus Transjakarta Akan Ditambah Fasilitas Tap On Bus

PT Transportasi Jakarta berencana menambah pengadaan fasilitas Tap On Bus untuk ratusan bus di rute non-bus rapid transit.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  17:29 WIB
Ratusan Bus Transjakarta Akan Ditambah Fasilitas Tap On Bus
Bus Transjakarta melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (2/1/2019). - ANTARA/Dhemas

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta berencana menambah pengadaan fasilitas Tap On Bus untuk ratusan bus di rute non-bus rapid transit (BRT).

Kepala Hubungan Masyarakat PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Wibowo mengatakan bahwa setiap bulannya pihaknya membuka rute non-BRT, dan tentunya akan dibarengi dengan pengadaan Tap On Bus.

"Sebenarnya sudah ada Tap On Bus, namun kami akan tambah lagi untuk pengadaannya," ujarnya di Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Wibowo menjelaskan rute yang sudah menggunakan Tap on Bus adalah 1H Tanah Abang - Stasiun Gondangdia, 1N Tanah Abang - Blok M, 1R Tanah Abang - Stasiun Senen, dan sebagainya.

Sementara itu, Dirut Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan pihaknya sedang menargetkan pemasangan Tap On Bus, yang akan rampung di akhir 2019.

Agung menjelaskan, mekanisme pembayaran yang paling memungkinkan untuk dilakukan pelanggan Transjakarta saat di dalam bus non-BRT adalah dengan Tap On Bus, tidak lagi menggunakan EDC (Electronic Data Capture).

Agung menyebut satu mesin EDC hanya bisa membaca satu jenis kartu Bank tertentu.

"Terkadang, karena mesin EDC ini bergantung dari suplai dari bank, sebagai back-up disediakan tiket kertas untuk bukti pembayaran," ujar Agung dalam keterangan rilis yang diterima Antara.

Lebih lanjut, Agung menegaskan bahwa sistem yang berlaku seperti itu diharuskan berhenti tahun ini. Nantinya, ada 900 unit bus non-BRT yang akan terpasang fasilitas tersebut

Artinya, semua bus Non-BRT dalam proses pemasangan reader untuk Tap On Bus, sehingga Transjakarta tidak aka ada lagi ketergantungan pada mesin EDC dari bank tertentu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transjakarta, brt

Sumber : Antara

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top