Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dicari, Investasi untuk 4 Destinasi Pariwisata 'Super Prioritas'!

Pemerintah tengah berupaya menarik investasi di empat destinasi pariwisata super prioritas, yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 29 Juli 2019  |  13:26 WIB
Wisatawan mancanegara mengunjungi Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). - ANTARA/Ahmad Subaidi
Wisatawan mancanegara mengunjungi Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). - ANTARA/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah tengah berupaya menarik investasi di empat destinasi pariwisata super prioritas, yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Bagaimanapun, Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah S. Thaib menjelaskan, investasi akan difokuskan terlebih dahulu untuk destinasi Mandalika, Nusa Tenggara Barat dan Danau Toba, Sumatra Utara.

"Borobudur dan Labuan Bajo kami harapkan bisa menarik investor. Di Danau Toba kebanyakan investor lokal, untuk di Mandalika banyak dari asing seperti Vinci Eropa," tuturnya kepada Bisnis.com, belum lama ini.

Dia mengungkapkan pemerintah telah menggelontor tambahan anggaran senilai Rp6,4 triliun untuk mempercepat pembangunan keempat destinasi pariwisata super prioritas itu. Adapun, keempat destinasi super prioritas itu ditargetkan selesai diabangun pada 2020.

Sekadar catatan, Kemenpar menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019 sebanyak 20 juta wisman dengan devisa senilai Rp240. Sementara itu, pergerakan wisatawan domestik pada tahun ini ditargetkan mencapai 275 juta pergerakan.

Kemenpar juga menargetkan sektor pariwisata dapat berkontribusi 15% terhadap produk domestik bruto (PDB) tahun ini. Adapun, keempat destinasi super prioritas tersebut diharapkan dapat menyumbang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top