Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INACA Lapor Maladministrasi Regulasi Tiket Pesawat, Apa Kata Rusdi Kirana?

Lion Air Group sependapat dengan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia soal laporan terkait dengan dugaan maladministrasi regulasi tiket.
Rusdi Kirana/Reuters
Rusdi Kirana/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Lion Air Group sependapat dengan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) soal laporan terkait dengan dugaan maladministrasi regulasi tiket.

Pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana menegaskan maskapainya merupakan salah satu anggota INACA. Laporan tersebut wajar saja dilakukan di negara demokrasi seperti Indonesia.

"Setuju saja [laporan INACA kepada Ombudsman]. Tidak apa-apa, kan negara demokrasi," katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (22/7/2019).

Kendati demikian, Rusdi tidak menjelaskan lebih lanjut soal pendapatnya mengenai regulasi tiket yang diduga maladministrasi tersebut.

Sebelumnya, Anggota Ombudsman Alvin Lie mengatakan regulasi yang dimaksud adalah Keputusan Menteri Perhubungan No. 106/2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Regulasi tersebut disahkan pada 15 Mei 2019 untuk menurunkan tarif batas atas antara 12 persen hingga 16 persen.

Dia menambahkan laporan tersebut dinilai merupakan dampak dari beberapa kebijakan pemerintah yang sudah menyentuh ranah korporat. Misalnya, penurunan TBA hingga 16% dan penyediaan penerbangan murah untuk maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) hingga 50 persen dari TBA.

Ombudsman memiliki fungsi pada pencegahan dan pemberantasan maladministrasi. Hal yang termasuk dalam kategori maladministrasi antara lain melakukan perbuatan melampaui kewenangan, menyalahgunakan kewenangan, hingga berbuat sewenang-wenang.

Menurutnya, instruksi pemerintah soal penerbangan murah tersebut sudah berpotensi maladministrasi. Ombudsman akan terus memantau dampak dari kebijakan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper