Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Penyebab Ambruknya Bekisting Pier Head Tol BORR Seksi 3A

Kejadian tersebut berlangsung saat pengecoran pekerjaan pier head di titik P109 yang mana terjadinya saat dilakukan pengecoran dari truck mixer yang ke-22.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  09:22 WIB
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 2B di jalan KH Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/4). - Antara/Arif Firmansyah
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 2B di jalan KH Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/4). - Antara/Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — Ambruknya bekisting pier head poyek Tol BORR Seksi 3A tidak memakan korban jiwa.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Alfiandra membenarkan bahwa proyek jalan tol Bogor Ring Road seksi IIIA telah ambruk.

"Rabu pagi ini pukul 05.15, di proyek jalan tol Bogor Ring Road (BORR) ruas Simpang Yasmin—Simpang Semplak jalur A yang sedang dikerjakan, telah terjadi ambruknya bekisting [formwork] pier head di P109 depan perumahan Tamansari Persada," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (10/7/2019).

Bekisting itu merupakan suatu wadah untuk membuat beton atau sebagai tempat cetakan. Bekisting ada yang bahannya dari papan kayu dan ada juga yang dari besi baja dengan pengait khusus.

Adapun, pier head adalah dudukan gelagar kotak (box girder) serta berfungsi sebagai penyalur beban lalu lintas dan box girder ke pier, sedangkan pier adalah benda yang merupakan penyalur beban dari pier head ke pile cap yang bertujuan agar beban yang tersalur dari pier head dan box girder dapat diarahkan dengan baik. Pile cap merupakan suatu cara untuk mengikat fondasi sebelum didirikan kolom di bagian atasnya.

Begini penampakan bekisting pier head poyek Tol BORR Seksi 3A yang ambruk./Bisnis

Alfiandra menuturkan bahwa kejadian tersebut berlangsung saat pengecoran pekerjaan pier head di titik P109 yang mana terjadinya saat dilakukan pengecoran dari truck mixer yang ke-22.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, saat ini penutupan arus menuju ke Salabenda ditutup dan sudah dialihkan," ujarnya.

Pihak PT Marga Sarana Jabar segera menginstruksikan, pengecekan lokasi dan pembersihan lokasi sebagai langkah awal kepada kontraktor PT PP Tbk. dan konsultan PT Indec Kso.

Selanjutnya akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh, untuk perbaikan agar tidak terjadi hal yang sama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bogor ring road (borr)
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top