Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres JK Puji Ada Lounge Haji di Bandara Soekarno – Hatta

Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji fasilitas lounge di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang yang dikhususkan untuk melayani jemaah calon haji.
Wapres Jusuf Kalla saat melepas kloter 1 jemaah calon haji di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. JIBI/AP II
Wapres Jusuf Kalla saat melepas kloter 1 jemaah calon haji di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. JIBI/AP II

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji fasilitas lounge di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang yang dikhususkan untuk melayani jemaah calon haji.

Wapres Jusuf Kalla (JK) yang melepas penerbangan haji perdana kelompok terbang (kloter) 1 menilai lounge Terminal 2D membuat proses keberangkatan jemaah semakin mudah, cepat, dan lancar.

Presiden Director PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa Wapres JK memuji fasilitas tersebut sebagai suatu kemajuan yang dapat mempersingkat birokrasi.

Adapun, fasilitas lounge yang dibangun AP II di Terminal 2D, memiliki kapasitas 1.500 orang, dilengkapi fasilitas toilet, musala, 15 loket Imigrasi/pre clearence system khusus di Terminal 2D untuk percepatan layanan keimigrasian Arab Saudi. 

Adanya layanan keimigrasian di fasilitas membuat jemaah haji dapat merasakan layanan fast track perihal keimigrasian.

Menurutnya, lounge bagi jemaah calon haji tersebut merupakan salah satu inovasi terbaru hasil kerja sama antara AP II dan Pemerintah Arab Saudi.

“Komitmen kami adalah layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa bandara termasuk jemaah haji yang berangkat dari Soekarno-Hatta,” katanya dalam siaran pers, Senin (8/7/2019).

Dia berharap lounge terbaru itu bisa mengantarkan jemaah calon haji untuk beribadah dengan khusyuk di Tanah Suci serta mempersiapkan diri sebelum keberangkatan.

Pada tahun ini, tuturnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani keberangkatan jemaah calon haji dari sebanyak 631 kloter yang berasal dari empat embarkasi yaitu DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat dan Banten.

Selain Soekarno-Hatta, AP II juga melayani penerbangan embarkasi haji melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Di Bandara Sultan Iskandar Muda terdapat 12 kloter (4.359 jemaah), lalu Kualanamu sebanyak 22 kloter (8.292 jemaah), Minangkabau sebanyak 18 kloter (6.222 jemaah), dan Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 19 kloter (8.049 jemaah).

"Di masing-masing bandara tersebut, Angkasa Pura II menyiapkan petugas khusus agar penerbangan haji dapat berlangsung lancar tanpa kendala. Fasilitas di seluruh bandara itu juga siap melayani penerbangan haji dari pesawat berbadan lebar yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Saudi Airlines," ujar Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper