Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rumah DP Nol Rupiah Bukan Solusi Jangka Panjang

Selama ini masyarakat sudah terbiasa menyetor uang muka untuk pembelian suatu barang dengan harga mahal, seperti properti dan kendaraan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Juli 2019  |  13:48 WIB
Maket proyek rusun Klapa Village.  - sarana/jaya.co.id
Maket proyek rusun Klapa Village. - sarana/jaya.co.id

Bisnis.com, JAKARTA--Pengamat properti Anton Sitorus menilai program rumah DP Rp0 bukan solusi jangka panjang bagi permasalahan kebutuhan tempat tinggal di DKI Jakarta.

"Untuk solusi sementara tidak apa-apa, melihat kondisi ekonomi masyarakat saat ini. Tapi ini jangan dijadikan jangka panjang," ujar Anton, Kamis (4/7/2019).

Menurut Anton, selama ini masyarakat sudah terbiasa menyetor uang muka untuk pembelian suatu barang dengan harga mahal, seperti properti dan kendaraan.

Uang muka, menurut dia, adalah sebagai tanda kemampuan untuk memiliki barang yang dibeli dengan cara mencicil tersebut.

Lebih jauh, program rumah tanpa uang muka itu dikhawatirkan akan tidak tepat sasaran dan berimbas kerugian pada bank.

"Namun, semua antisipasi untuk skema DP Rp0 pasti sudah dipikirkan matang-matang. Sektor properti akan berdampak positif, dan tentu konsumen akan diuntungkan," kata Anton.

Dengan program tersebut pengembang akan berkesempatan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar untuk segmen rumah menengah ke bawah.

Sementara itu, Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga juga menilai bahwa program rumah DP Rp0 bukan solusi dari permasalahan kebutuhan tempat tinggal di Jakarta.

"Saya lebih suka mendorong rumah susun dan pengelolaan rusunawa. Program DP Rp0 siapa yang dapat? Rusunawa lebih tepat sasaran untuk orang yang tidak mampu," ujar Pandapotan.

Proses kredit program rumah DP Rp0 yang berada di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, akan dimulai pekan depan. Pembangunan rumah tersebut masuk tahap topping off pada Januari 2019 dan ditargetkan selesai Juli 2019.

Program rumah DP Rp0 tersebut merupakan salah satu janji kampanye Anies Baswedan saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uang muka rumah program perumahan

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top