Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Kekeringan, Temanggung Siapkan Pipanisasi Desa

Daerah yang diusulkan program pipanisasi tersebut untuk Desa Batursari di Kecamatan Candiroto, Desa Gedekan di Kecamatan Tlogomulyo, Desa Ngropoh, Desa Gentan, Desa Kemloko di Kecamatan Kranggan.
ilustrasi./JIBI-Wahyu Darmawan
ilustrasi./JIBI-Wahyu Darmawan

Bisnis.com, TEMANGGUNG--Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah kembali akan mengajukan dana pipanisasi untuk sejumlah desa ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana senilai Rp2,9 miliar.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan upaya pipanisasi air bersih tersebut untuk mengurangi jumlah titik distribusi bantuan air bersih yang terjadi setiap musim kemarau.

Dia menyebutkan daerah yang diusulkan program pipanisasi tersebut untuk Desa Batursari di Kecamatan Candiroto, Desa Gedekan di Kecamatan Tlogomulyo, Desa Ngropoh, Desa Gentan, Desa Kemloko di Kecamatan Kranggan.

Untuk Desa Gedekan rencananya menggunakan sumur bor, sedangkan empat desa lainnya mengambil air dari mata air dengan sistem grafitasi. Jarak sumber air ke masing-masing desa berkisar tiga hingga 11 kilometer.

"Total dana yang kami ajukan untuk pipanisasi di lima desa tersebut Rp2.9 miliar, termasuk untuk perlengkapan lainnya seperti pembuatan bak penampung air," katanya Selasa (2/7/2019).

Dia mengatakan bahwa dana untuk pipanisasi tersebut sudah diusulkan sejak 2016, tetapi sampai saat ini belum direkomendasi. "Setiap tahun kami ajukan untuk pembaruan, mudah-mudahan tahun ini bisa disetujui," katanya.

Menyinggung daerah rawan kekeringan pada musim kemarau tahun ini, dia menuturkan hampir sama dengan tahun lalu, yakni di 12 kecamatan, terdiri atas 40 desa tersebar di 129 titik dusun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper