PLN Alirkan Listrik ke Tolonuo dan Dagasuli

Distribusi listrik ke dua pulau tersebut telah menyisakan 17 desa dari total 199 desa di Halmahera Utara yang belum terlistriki.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  17:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT PLN (Persero) berhasil melistriki Pulau Tolonuo dan Dagasuli di Halmahera Utara dengan membangun pembangkit listrik tenaga diesel di tiap-tiap wilayah tersebut.

PLN menyediakan mesin berkapasitas 100 kW untuk melistriki 300 pelanggan di Pulau Tolonuo. Sementara, untuk di Pulau Dagasuli, PLN menyediakan mesin berkapasitas 250 kW guna melistriki 300 pelanggan di pulau tersebut.

Manager PLN UP3 Sofifi Yusrizal mengatakan pihaknya juga membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2 kms (kilometer sirkuit), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3 kms, dan 2 buah Trafo Distribusi dalam melistriki Pulau Tolonuo dan Dagasuli.

Distribusi listrik ke dua pulau tersebut telah menyisakan 17 desa dari total 199 desa di Halmahera Utara yang belum terlistriki.

"Dengan dilistrikinya Pulau Tolonuo dan Dagasuli juga berdampak positif bagi kegiatan warga sehari-hari. Baik untuk penerangan maupun untuk kegiatan usaha. Serta mengdongkrak giat ekonomi setempat," katanya seperti dikutip dalam rilis, Selasa (25/6/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Utara Fredy Tjandua mengatakan aliran listrik ini akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, terutama potensi perikanan di Pulau Tolonuo dan Dagasuli. Dengan meningkatnya kapasitas listrik dapat dibangun cold storage agar hasil tangkapan ikan bisa disimpan lebih banyak sehingga potensi penjualan ikan dari Pulau Tolonuo dapat meningkat.

"Terima kasih kepada PLN dan masyarakat sudah ikut serta aktif dalam membantu pemerintah daerah menyiapkan infrastruktur kelistrikan di kedua pulau tersebut," katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup