Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub : Pengalaman Jadi Pertimbangan Pemilihan Operator Patimban

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pengalaman akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pemerintah dalam memilih pengelola atau operator Pelabuhan Patimban yang kini sedang dibangun di Subang, Jawa Barat.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan)/Bisnis-Abdullah Azzam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan)/Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pengalaman akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pemerintah dalam memilih pengelola atau operator Pelabuhan Patimban yang kini sedang dibangun di Subang, Jawa Barat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Budi seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6/2019). Budi mengatakan lebih dari 10 pihak menjadi peminat pengelola Pelabuhan Patimban.

"Siapa yang paling bagus proposal, baik pengelolaan dan incomenya itu yang kita pilih. Experience (pengalaman) jadi syarat utama," kata mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) tersebut.

Budi mengatakan sejumlah pihak yang berminat menjadi pengelola Pelabuhan Patimban tersebut berasal dari Jepang dan Indonesia.

Konsesi pengelolaan pelabuhan tersebut, menurutnya, diperkirakan bakal berlaku selama 20 tahun.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan menargetkan Pelabuhan Patimban dapat beroperasi pada pertengahan 2020.

Pada saat ini, proses pembangunan pelabuhan sudah mencapai 29%. Pemerintah menyatakan proyek pembangunan Pelabuhan Patimban berjalan sesuai dengan rencana.

Rencananya, pembangunan Pelabuhan Patimban akan dilaksanakan dalam 3 tahap. Pada tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan dapat melayani 3,5 juta peti kemas (Teus) dan 600.000 kendaraan bermotor (CBU).

Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5,5 juta Teus dan pada tahap ketiga akan meningkat hingga 7,5 juta Teus.

Secara umum, Pelabuhan Patimban akan melayani jenis muatan peti kemas dan kendaraan bermotor yang diangkut menggunakan kapal-kapal berukuran besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper