Nyaris Putus, Jalan Rejang Lebong Bengkulu Butuh Perbaikan

Jalan provinsi yang terkena longsor tersebut merupakan jalan penghubung yang berada di Desa Kayu Manis, Kecamatan Sindang Kelingi yang menghubungkan dengan Desa Bengko, Kecamatan Sindang Dataran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Juni 2019  |  18:22 WIB
Nyaris Putus, Jalan Rejang Lebong Bengkulu Butuh Perbaikan
ilustrasi - ANTARA/Destyan Sujarwoko

Bisnis.com, BENGKULU--Jalan provinsi di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, yang menghubungkan Kecamatan Sindang Kelingi dengan Sindang Dataran nyaris terputus akibat longsor yang terjadi di wilayah itu.

"Jalan yang terkena longsor ini berada di Desa Kayu Manis, dan ini merupakan longsor lama namun belum juga diperbaiki sehingga saat hujan deras turun pada Senin (10/6) malam kemarin membuat badan jalan kembali tergerus," kata Fawzy, warga Kecamatan Sindang Kelingi di Rejang Lebong, Jumat (14/6/2019).

Jalan provinsi yang terkena longsor tersebut, kata dia, merupakan jalan penghubung yang berada di Desa Kayu Manis, Kecamatan Sindang Kelingi yang menghubungkan dengan Desa Bengko, Kecamatan Sindang Dataran.

Jalan ini sudah terkena longsor pada awal 2019 lalu, namun sampai sekarang belum dilakukan perbaikan oleh pihak Pemprov Bengkulu, sehingga saat terjadi longsor susulan membuat badan jalannya tidak bisa dilalui kendaraan roda empat lagi, dan hanya bisa dilalui kendaraan jenis truk dan hanya mobil kecil serta kendaraan roda dua.

Kendaraan truk yang setiap harinya melewati daerah itu guna membawa hasil bumi baik berupa aneka sayuran maupun kopi maupun bahan kebutuhan pokok, saat ini tidak bisa lagi melintasi jalanan itu dan harus lewat jalan desa yang baru pengerasan atau memutar lewat jalan Kabupaten Kepahiang yang jaraknya cukup jauh.

Sementara itu, Camat Kecamatan Sindang Kelingi Firdaus Affandi saat dihubungi mengatakan, longsor yang menimpa jalan provinsi tersebut sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu dan sudah ditinjau oleh BPBD dan dinas PUPR Rejang Lebong bersama dengan pihak Dinas PU Provinsi Bengkulu, tetapi sampai kini belum ada upaya perbaikannya.

"Sudah kami laporkan ke pihak-pihak terkait dan kondisinya juga sudah ditinjau langsung, namun sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya. Kami minta jalan ini segera diperbaiki dan di pasang pelapis tebing sehingga bisa dilalui dengan aman," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
longsor, jalan rusak

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top