Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemudik Dengan Kereta Api Naik 10 Persen

PT KAI yang bisa mengangkut penumpang sekitar 10 persen dari tahun lalu, dari kira-kira 3,3 juta menjadi 3,6 juta penumpang,
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan mencatat kenaikan 10 persen penumpang mudik menggunakan kereta api, kenaikan tersebut mencapai 3,6 juta penumpang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi kepada PT KAI khususnya di wilayah Jawa Timur, yang telah memberikan pelayanan prima kepada penumpang pada arus mudik dan balik tahun ini.

Dia mengatakan, jumlah penumpang KA secara keseluruhan tahun ini meningkat hingga 10 persen dari tahun lalu. Dia pun mengapresiasi Ditjen Perkeretaapian dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang telah bekerjasama melakukan upaya memaksimalkan perjalanan kereta.

“Saya mengapresiasi PT KAI yang bisa mengangkut penumpang naik sekitar 10 persen dari tahun lalu, dari kira-kira 3,3 juta menjadi 3,6 juta," katanya dalam keterangan resmi saat berkunjung ke Madiun, Sabtu (8/6/2019).

Menurutnya, biasanya, kenaikan penumpang tidak sampai 5 persen, tapi kali ini dapat mencapai 10 persen. "Berarti ada suatu upaya untuk melakukan suatu rekayasa tertentu untuk melakukan maksimalisasi frekuensi perjalanan,” jelasnya.

Dia menilai kenaikan jumlah penumpang ini menandakan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan moda perkeretaapian semakin meningkat.

“Kita sepakat moda kereta api ini sangat diminati, karena kenyamanannya, tepat waktu dan beberapa kelebihan lainnya. Insya Allah itu salah satu tanda bahwa perkeretaapian lebih punya daya beli," imbuhnya.

Berdasarkan data dari PT KAI Daop 7 Madiun, sampai dengan 7 Juni 2019, total keseluruhan penumpang di Stasiun Madiun mencapai 21.000 penumpang. Jumlah ini merupakan keseluruhan dari penumpang kelas eksekutif, bisnis, serta ekonomi.

Dalam tinjauannya, Menhub bersama Menteri Kesehatan mengunjungi pos kesehatan yang ada di Stasiun Madiun.

Menteri Kesehatan Nina F. Moeloek mengapresiasi kelengkapan fasilitas yang tersedia di Stasiun, yaitu dengan adanya pos kesehatan dan ruang laktasi.

"Kami dari kesehatan tetap memeriksa kesehatan masinis, kru, dan sebagainya. Fasilitas disini lengkap, ada juga pos kesehatan dan tempat laktasi. Saya sangat menghargai PT KAI, terima kasih, memadai sekali dan tempatnya bagus," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper