Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Rest Area Nontol Bali Belum Beroperasi

Progres pengerjaan AC Rambut Siwi baru 50 persen. Rest area nontol ini merupakan salah satu proyek yang tengah dikejar Kementerian PUPR selain AC Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
Anjungan Cerdas (AC) Bahari Rambut Siwi./Reni Lestari
Anjungan Cerdas (AC) Bahari Rambut Siwi./Reni Lestari

Bisnis.com, JEMBRANA - Rest area nontol di Bali bernama Anjungan Cerdas (AC) Bahari Rambut Siwi terpantau belum beroperasi, saat Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 singgah,  Kamis (6/6/2019).

Integrated rest area ini berada di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kota Denpasar dan Gilimanuk. Gapura besar yang berada di bagian depan rest area ini masih ditutup plang.  Masuk ke bagian dalam,  pengerjaan sejumlah bangunan tampak belum selesai dan sedang dalam proses. 

Sementara itu, rest area yang belum beroperasi ini dimanfaatkan warga sebagai spot foto,  mempertimbangkan pemandangan alam yang dikelilingi area persawahan.  Pengunjung juga bisa melihat pantai dari kejauhan. Bahkan,  ada pula yang memanfaatkan salah satu sudut AC Rambut Siwi untuk olahraga yoga.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW)  Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan mengatakan,  progres pengerjaan AC Rambut Siwi baru 50 persen. Rest area nontol ini merupakan salah satu proyek yang tengah dikejar Kementerian PUPR selain AC Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek,  Jawa Timur. 

"Hingga hari ini keduanya berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti. AC Rambut Siwi progres konstruksinya telah mencapai 50 persen dan AC Bendungan Tugu dengan progres fisik 10 persen. Ditargetkan AC di Bendungan Tugu mencapai 60 persen pada akhir tahun," katanya dalam keterangan tertulis. 

Keduanya menjadi proyek percontohan (inkubasi) pembangunan AC yang dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan perjalanan serta mengurangi kecelakaan lalu lintas pada jalan nasional yang traffic nya semakin meningkat dari waktu ke waktu. Kedua AC ini dikembangkan mengadopsi dari rest area di Jepang yang disebut Michino-Eki.

Pada dasarnya AC merupakan rest area multifungsi di jalan  nasional yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung dan dikemas secara modern, mulai dari tempat makan, pusat informasi, gerai traveler/ATM, ruang terbuka hijau, amphi teater, sarana edukasi, serta gerai produk lokal unggulan.

AC Rambut Siwi dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektare, hasil kerja sama Kementerian PUPR dan Pemda, yang konstruksinya dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 67,5 miliar.

(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper