Pertemuan Keidanren : Jepang Jadi Contoh Sukses Investor

Jepang menjadi salah satu kisah sukses dari para investor yang ingin terus menanamkan modal di Indonesia.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  19:10 WIB
Pertemuan Keidanren : Jepang Jadi Contoh Sukses Investor
Pekerja di Pabrik Toyota Karawang 2. - TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA--Jepang menjadi salah satu kisah sukses dari para investor yang ingin terus menanamkan modal di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan sebagai contoh di sektor industri otomotif, sejumlah produsen Jepang skala global telah menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

“Di Jawa Barat ada kawasan Bekasi, Karawang, dan Purwakarta (Bekapur) yang dijuluki Detroit-nya Indonesia karena di sana ada para investor Jepang, terutama sektor industri otomotif yang menjadi key driver,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (29/5/2019).

Saat ini, Airlangga sedang bertemu dengan para pengusaha Jepang yang tergabung dalam Keidanren di Tokyo. Rombongan pelaku usaha Negeri Sakura dipimpin oleh Vice Chairman Keidanren Kobayashi Ken.

Sementara itu, Menperin didampingi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto serta Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika.

Pada kesempatan itu, dibahas pula mengenai percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Proyek strategis tersebut diyakini mampu menurunkan biaya dan mempermudah akses logistik bagi manufaktur-manufaktur khususnya yang berlokasi di kawasan industri Jawa Barat.

"Apalagi akan dibangun pelabuhan khusus industri otomotif untuk memfasilitasi pengapalan produk Indonesia," katanya.

Selain bertemu dengan rombongan Keidanren, Airlangga juga melakukan diskusi dengan jajaran direksi perusahaan Jepang skala besar seperti Sojitz Corporation. “Sojitz ingin memperkuat investasinya di Indonesia. Oleh karena itu, mereka berharap dengan terpilihnya Presiden Jokowi untuk periode selanjutnya dapat memberikan kemudahan investasi,” jelasnya.

Kemudian, Airlangga bertemu dengan jajaran direksi Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC). SMBC merupakan perusahaan perbankan dan jasa keuangan multinasional Jepang, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sumitomo Mitsui Financial Group.

“Kami berharap agar SMBC dapat juga mewujudkan success stories untuk investasi bidang finansial di Indonesia, sehingga dapat mengajak sektor finansial di Jepang agar meningkatkan investasinya di Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan survey US News, yang telah mengidentifikasi 20 negara sebagai tujuan investasi terbaik pada 2018, Indonesia berada di urutan ke-2 negara terbaik untuk berinvestasi. Sementara itu, laporan versi Bank Dunia, peringkat kemudahan berusaha Indonesia ada di urutan ke-73 dari 190 negara di dunia, meningkat dari yang sebelumnya berada di urutan ke-120.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
investor jepang

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top