Kapal Fasilitas Regasifikasi Proyek Jawa-1 Selesai Desember 2020

PT Pertamina Power Indonesia telah menyelesaikan First Steel Cutting Kapal Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di galangan kapal Samsung Heavy Industries Busan, Korea Selatan, sebagai tahapan Proyek Jawa-1, Senin (27/5/2019).
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  16:28 WIB
Kapal Fasilitas Regasifikasi Proyek Jawa-1 Selesai Desember 2020
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina Power Indonesia telah menyelesaikan First Steel Cutting Kapal Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di galangan kapal Samsung Heavy Industries Busan, Korea Selatan, sebagai tahapan Proyek Jawa-1, Senin (27/5/2019).

Kapal FSRU ini direncanakan selesai pada Desember 2020, dan direncanakan memasuki perairan Indonesia pada pertengahan Januari 2021.

Nantinya kapal ini akan meregasifikasi Pasokan LNG yang berasal dari BP Tangguh dimana commissioning unit regasifikasi kapal FSRU akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021.

Aktivitas first steel cutting ini dihadiri oleh perwakilan pemegang saham dari PT Jawa Satu Regas, yaitu PT Pertamina Power Indonesia, Marubeni Corporation, Sojitz Corporation, PT Permata Khatulistiwa, dan Mitsui O.S.K. Lines, selaku pemilik kapal FSRU.

"Kapal FSRU ini memiliki kapasitas kargo penyimpanan Liquefied Natural Gas (LNG) sebesar 170.150 m3 dengan kapasitas unit regasifikasi 300 MMscfd," Presiden Direktur PT Pertamina Power Indonesia (PPI) Ginanjar melalui keterangan tertulis, Senin (27/5/2019).

Ginanjar mengatakan fokus ke depan adalah pengiriman gas melalui pipa sepanjang 21 km ke PLTGU Jawa1 yang berada di Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. Listrik yang dibangkitkan oleh PLTGU Jawa-1 akan dikirimkan ke gardu induk PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kecamatan Cibatu Dua, Kabupaten Bekasi.

Konstruksi PLTGU Jawa-1 telah dimulai pada Desember 2018 oleh konsorsium Engineering Procurement Construction (EPC) antara General Electric, Samsung C&T dan PT Meindo Elang Indah.

PLTGU ini menggunakan tipe combined cycle gas turbine (CCGT) yang terdiri dari dua unit power block dengan kapasitas masing-masing sebesar 880 MW.

Hingga Maret lalu, perkembangan proyek EPC Jawa-1 telah mencapai 12%. Nilai pencapaian ini 0,4% lebih cepat dibandingkan dengan target awal 11,6%. Rencana commissioning untuk masing-masing power block adalah berturut-turut pada  Mei dan Juli 2021.

Sementara itu, untuk Commercial Operation Date (COD) PLTGU Jawa-1 direncanakan akan dilakukan pada bulan Desember 2021 sesuai dengan kontrak Power Purchase Agreement.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pertamina

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top