Kemenhub & Polri Janji All Out Amankan Tol Trans-Sumatra Saat Mudik

Kementerian Perhubungan bersama Polri akan menjamin keamanan di sepanjang jalan tol Trans-Sumatra yang sebagian akan fungsional pada Lebaran tahun ini.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  19:28 WIB
Kemenhub & Polri Janji All Out Amankan Tol Trans-Sumatra Saat Mudik
Salah satu ruas jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang Trans-Sumatra di Bandar Jaya, Lampung Tengah, Rabu (1/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG - Kementerian Perhubungan bersama Polri akan menjamin keamanan di sepanjang jalan tol Trans-Sumatra yang sebagian akan fungsional pada Lebaran tahun ini. 


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dirinya akan berkoordinasi dengan Kapolda Lampung mengenai ide pembentukan tim khusus untuk mengamankan tol fungsional. 


Menurut dia, Kapolri sebelumnya juga telah memberikan dukungan untuk memberikan jaminan keamanan secara total.


"Saya akan ke Lampung dan ketemu Mapolda. Tentu Kapolda akan berusaha sekuat tenaga," katanya seusai rapat koordinasi angkutan lebaran dengan Komisi V DPR dan unit kerja Kemenhub, Kamis (23/5/2019).


Budi mengatakan, pemudik yang hendak menuju Palembang nanti dapat menembus tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang. Beberapa ruas di antaranya akan fungsional, dalam arti dapat digunakan, tetapi belum lengkap dengan rest area, gate, dan lampu.

Dengan menggunakan tol fungsional itu, waktu tempuh Lampung-Palembang diestimasi hanya 7 jam. "Sebelumnya 12--13 jam," katanya. 


Sebelumnya, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengungkapkan kebutuhan jaminan keamanan selama mudik Lebaran 2019 di jalur tol Trans-Sumatra yang sudah beroperasi maupun yang masih fungsional.


"Masyarakat awam yang sering melintasi jaringan nontol Lintas Timur Sumatra sudah paham daerah mana saja yang cukup rawan tindakan kejahatan. Jangan sampai tindakan kejahatan tersebut beralih ke jalan tol yang sudah beroperasi sebagian," jelasnya (Bisnis.com, 19/5/2019)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, trans sumatra

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top