Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstruksi Tol Akses Bandara Kertajati Dimulai September

Jalan tol yang menjadi akses ke Bandara Kertajati akan dibangun sepanjang 6 kilometer, termasuk pembangunan simpang susun (interchange).
Tol Cikopo/Istimewa
Tol Cikopo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA --- PT Lintas Marga Sedaya (LMS), operator jalan tol Cikopo-Palimanan memperkirakan tahap konstruksi akses Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati bisa dimulai pada kuartal III/2019.

Akses ini diharapkan bisa mempercepat waktu tempuh ke bandara yang baru dibuka pada 2018 itu.

Wakil Direktur Utama LMS, Firdaus Azis mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu evaluasi desain dari Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat. Jalan tol yang menjadi akses ke Bandara Kertajati akan dibangun sepanjang 6 kilometer, termasuk pembangunan simpang susun (interchange).

Sementara itu, pembebasan lahan sudah mencapai proges separuh dari luas yang dibutuhkan. Pembebasan lahan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bila tidak ada aral melintang, proses pembebasan lahan bisa rampung di kuartal II/2019.

"Kalau di kuartal II selesai pembebasan lahannya, Agustus-September sudah bisa dimulai konstruksi. Semoga ya, ini tergantung kecepatan pembebasan tanah," jelas Firdaus kepada Bisnis, awal pekan ini.

Dia menerangkan, biaya pembangunan jalan tol akses kurang dari  Rp1 triliun. LMS sebelumnya sudah mengajukan desain dan perkiraaan biaya pembangunan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Pihak BPJT sudah memberikan lampu hijau dan kini tinggal menunggu persetujuan dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper