Penerapan Tol Satu Arah Agar Pikirkan Pemudik Ke Jabotabek

Penerapan tol one way membuat pemudik di Jakarta bisa mengalami keterlambatan yang sangat parah, karena penuhnya jalan di luar tol.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 21 Mei 2019  |  13:50 WIB
Penerapan Tol Satu Arah Agar Pikirkan Pemudik Ke Jabotabek
Foto udara perbaikan jalan tol Cipali Kilometer 141, Jawa Barat, Minggu (12/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com JAKARTA--Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan peringatan keras pada pemerintah terkait diadakannya sistem satu arah yang diselenggarakan berturut-turut pada arus mudik nanti.

Tulus Abadi, Ketua Harian YLKI mengatakan pada sistem satu arah secara marathon ini akan membuat daerah penyangga di Bekasi akan ramai total sehingga perlu pertimbangan lebih lanjut.

"Pemerintah hati-hati agar diterapkan per 6 jam dulu, jangan sampai 3 hari berturut-turut 24 jam, itu ada yang terkunci di Bekasi, penumpang atau pemudik di Jakarta bisa mengalami keterlambatan yang sangat parah, jadi jangan memudahkan yang lain tapi mengorbankan yang lain." ujarnya di Cikampek, Senin (20/5/2019).

Yayat Supriatna Pengamat Perkotaan mengatakan bahwa sistem yang dilakukan jelang arus mudik dan arus balik ini akan lebih baik justru untuk setelah Lebaran. Jangan sampai sesudah Lebaran persoalan kembali ke awal dan bagaimana dilakukan penataan lebih lanjut.

"One Way ini potensi antara Jakarta - Bekasi sampai Cikarang, tiga wilayah ini satu kesatuan, integrasi Cikarang sampai ke arah Jakarta, jadi ada faktor bangkitan ke arah Jakarta. Apakah puncak itu ada pembatasan untuk angkutan logistik? persiapan jalan tol jangan sampai jadi persoalan di tempat lain," ujarnya.

Yayat menambahkan, sebaiknya ada koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah daerah di mana ada data potensi kemacetan agar tidak lancar di jalan tol tetapi tersendat di jalan arteri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran 2019, tol trans jawa

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top